Logo BeritaSatu

BPOM: Pengembangan Vaksin Merah Putih Butuh Waktu Lama

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:39 WIB
Oleh : Wilsa Azmalia Putri / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito menanggapi pernyataan dari mantan Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio, terkait pengembangan vaksin Merah Putih. Vaksin tersebut yang baru bisa dimulai pada pertengahan 2022 menjadi terhambat dan diperkirakan baru akan mendapatkan izin penggunaan darurat pada 2023 akibat peleburan Lembaga Eijkman ke dalam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Dalam keterangannya, melalui Rapat Kerja dan RDP Komisi IX DPR dengan Menkes, BPOM, dan Satgas Covid-19, di Kompleks Parlemen, Selasa (18/1/2022), Penny tidak secara eksplisit menanggapi pernyataan tersebut, tapi ia menyebut proses pengembangan vaksin Merah Putih memang membutuhkan waktu yang lama.

“Vaksin Merah Putih dari Lembaga Eijkman saat ini sedang didampingi fasilitas produksinya oleh BPOM. Sehingga persiapan sampai ke tahap uji klinik memang membutuhkan waktu. Dalam memproduksi vaksin memang membutuhkan kesabaran karena vaksin adalah produk mikrobiologi yang sensitif dan sangat membutuhkan kondisi yang steril sehingga membutuhkan waktu,” kata Penny.

Selain itu, Penny juga mengatakan, Lembaga Eijkman butuh mendapatkan mitra yang memiliki komitmen besar dalam memproduksi vaksin. “Sama halnya dengan yang kami lihat dari perkembangan vaksin Unair dan Biotis, sangat penting untuk Eijkman mendapatkan mitra industri farmasi yang bersedia untuk memberikan investasi besar karena banyak sekali tahapan-tahapan seperti pembangunan produksi sehingga membutuhkan mitra dengan komitmen yang besar,” jelas Penny

Dikatakan Penny, penelitian tentang vaksin Indonesia masih dibilang pemula. Di mana peneliti-peneliti Indonesia benar benar melakukan penelitian dari awal seperti dari merancang konsep hingga meneliti karakteristik vaksinnya.

“BPOM selalu melakukan pendampingan secara intensif mulai dari tahap awal, tahap penelitian, itu pun karena masih baru jadi masih ada proses pembelajaran untuk tetap menyesuaikan dengan standar-standar yang berlaku. Sehingga, pada tahap uji klinik pada manusia tidak ada masalah atau kegagalan,” tutur Penny.

Sementara itu, Penny menyebut, vaksin Merah Putih yang sedang dalam tahap proses adalah vaksin dari Universitas Airlangga dan Biotis. Direncanakan vaksin Merah Putih ini akan melakukan uji klinik pada awal Februari dan mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) pada Juli 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis Koalisi Indonesia Bersatu akan memenangkan Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Orang Tua dan Guru Harus Pantau Remaja Agar Tidak Kecanduan Gawai

Orang tua dan guru bimbingan dan konseling (BK) perlu berkolaborasi memantau risiko kecanduan gawai pada remaja termasuk saat pandemi Covid-19.

NEWS | 18 Mei 2022

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

Kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan karena keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022.

NEWS | 18 Mei 2022

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Devanda Minta Dukungan 5 Program Strategis Nasional KNPI

Ketua Harian DPP KNPI Devanda Aditya menyatakan dukungannya bagi seluruh jajaran untuk melaksanakan lima program strategis nasional yang digaungkan MPI KNPI.

NEWS | 18 Mei 2022

Wali Kota Malang Ajak Guru Sukseskan Program Merdeka Belajar

Wali Kota Malang Sutiaji mengajak seluruh guru di Kota Malang turut menyukseskan dan menjalankan program Merdeka Belajar di sekolahnya masing-masing.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Orang Tua dan Guru Harus Pantau Remaja Agar Tidak Kecanduan Gawai

Orang Tua dan Guru Harus Pantau Remaja Agar Tidak Kecanduan Gawai

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings