Logo BeritaSatu

IDI dan Persi Sambut Baik Kabar Kenaikan Tarif INA CBGs

Kamis, 20 Januari 2022 | 20:53 WIB
Oleh : Wilsa Azmalia Putri / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Ketua Umum 2 PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Slamet Budiarto, menanggapi adanya indikasi kenaikan tarif kapitasi dan Indonesia Case Based Groups atau INA CBGS BPJS Kesehatan. Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah berita gembira dikarenakan tidak adanya kenaikan tarif selama delapan tahun program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berjalan.

“Ini sebuah kabar berita gembira walaupun kita tidak tahu apakah kenaikannya akan sesuai dengan nilai keekonomian atau tidak karena sudah delapan tahun tidak naik, padahal tiap tahun terus terjadi inflasi,” kata Slamet dalam acara Diskusi Panel “Outlook JKN 2022”, Kamis (20/1/2022).

Sebagai informasi, tarif INA CBGs adalah rata-rata biaya yang dihabiskan untuk suatu kelompok diagnosis, kapitasi hingga iuran BPJS Kesehatan yang dibayarkan kepada rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan

Sementara, tarif kapitasi adalah besaran pembayaran per bulan yang dibayar di muka oleh BPJS Kesehatan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berdasarkan jumlah peserta yang terdaftar tanpa memperhitungkan jenis dan jumlah pelayanan kesehatan yang diberikan.

Namun, dikatakan Slamet, adanya kenaikan tarif ini juga harus memperhatikan dua hal penting yakni sistem pembiayaan dan sistem pelayanan. “Saat ini sistem pelayanan sampai di tingkat bawah masih belum ada retribusi, sistem rujukan juga belum diperbaiki, tentunya ini akan berpengaruh. Sehingga walaupun nanti tarifnya naik, dikhawatirkan hanya akan dinikmati fasilitas kesehatan tertentu dengan jumlah peserta yang banyak. Hanya menguntungkan sedikit pihak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Slamet menyebut pihak dari Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan (P2JK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah meminta IDI untuk menyusun skema urun biaya yang juga tengah dipersiapkan oleh pihaknya.

“Pada prinsipnya walaupun tarif INA CBGS dan tarif kapitasi tidak sesuai dengan tarif keekonomian, kami mengusulkan dengan cara urun biaya namun tidak seperti yang tahun-tahun lalu dengan cara mengurangi biaya. Kami awalnya ada dua pilihan yaitu antara menaikkan premi bagi peserta atau urun biaya. Tapi, kami sepakat memilih sistem urun biaya saja bagi di luar kelas 3,” jelas Slamet.

Selaras dengan apa yang disampaikan Slamet, di kesempatan yang sama, Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), Bambang Wibowo, menyebut pihaknya juga menyambut kabar baik tersebut.

“Kami bersyukur apabila memang akan dinaikkan. Tapi kami berharap ada penjadwalan terkait rencana operasional kenaikan tersebut, sehingga rumah sakit bisa membantu dan tidak terpontang panting,” ujarnya

Adanya kenaikan tarif ini, dikatakan Bambang, bisa membantu operational cost rumah sakit yang sejak pandemi selalu meningkat padahal kebutuhan rumah sakit juga sudah sangat besar.

Selain itu, menurutnya, selain soal tarif perlu ditentukan pula standarisasi pelayanannya. “Kalau ada iuran ini agak susah mendongkrak pemenuhan kebutuhan rumah sakit, karena rumah sakit tidak sekedar hidup tapi juga tumbuh untuk mengembangkan pelayanan sehingga standarisasi dari berbagai sektor itu penting. Apabila tarif naik tapi tidak ada standarisasi akan menyulit untuk penetapan besaran harganya,” pungkas Bambang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Besok, KBRI Swiss Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

KBRI Swiss berencana menyampaikan update pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz besok

NEWS | 27 Mei 2022

Khofifah Ajak Warga Jatim Salat Ghaib untuk Syafii Maarif

Khofifah mengatakan kepergiaan Syafii Maarif dirasakan seluruh rakyat Indonesia karena almarhum merupakan salah satu putra terbaik bangsa.

NEWS | 27 Mei 2022

Besok, KBRI Swiss Akan Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

KBRI Swiss rencananya akan menyampaikan update pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz besok siang waktu Indonesia.

NEWS | 27 Mei 2022

Megawati Berharap PBB Kuatkan Fungsi BMKG Internasional

Megawati mengajak seluruh negara dunia yang tergabung dalam PBB bahu-membahu memperkuat mitigasi bencana melalui penguatan fungsi BMKG Internasional.

NEWS | 27 Mei 2022

Menlu: Putra Gubernur Ridwan Kamil Belum Ditemukan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz belum ditemukan.

NEWS | 27 Mei 2022

Kenangan Din Syamsuddin Mengenai Sosok Buya Syafii Maarif

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, M Din Syamsuddin menceritakan berbagai kenangannya bersama Buya Ahmad Syafii Maarif yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 27 Mei 2022

Polisi Masih Tunggu Hasil Pemeriksaan Urine Sopir Pajero

Polisi masih menunggu hasil pemeriksaan urine terhadap pengemudi mobil Pajero berinisial JRS (23) yang terlibat kecelakaan maut di Jalan MT Haryono, Jaksel

NEWS | 27 Mei 2022

Soal Anak Ridwan Kamil, Keluarga: Belum Ada Informasi Baru

Pihak keluarga belum menerima informasi terbaru mengenai anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.

NEWS | 27 Mei 2022

Bima Arya Pimpin Doa untuk Keselamatan Anak Ridwan Kamil

Wali Kota Bogor Bima Arya memimpin doa untuk keselamatan anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

NEWS | 27 Mei 2022

KPK: Kasus Heli AW-101 Bukti Korupsi Sangat Rugikan Negara

KPK menyatakan kasus pengadaan helikopter Agusta Westland (AW)-101 atau heli AW-101 di TNI AU tahun 2016-2017 merupakan bukti korupsi sangat merugikan negara.

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Besok, KBRI Swiss Akan Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

Besok, KBRI Swiss Akan Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings