Logo BeritaSatu

Dalam 3 Minggu, Kasus Covid-19 Indonesia Meningkat 5 Kali Lipat

Kamis, 20 Januari 2022 | 20:51 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 secara nasional mengalami peningkatan dalam 3 minggu terakhir, yakni meningkat 5 kali lipat dari 1.123 kasus menjadi 5.454 kasus.

Wiku menuturkan, peningkatan kasus positif Covid-19 ini tidak diikuti dengan peningkatan kematian. Namun, secara bersamaan pola kasus positif yang meningkat setiap harinya menjadikan angka kasus aktif ikut meningkat.

“Pada minggu ini, kasus aktif berjumlah 8.605 kasus, di mana naik lebih dari 3.000 dibandingkan dengan minggu lalu yang hanya 5.494 kasus,” ujarnya pada konferensi pers tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia”, Kamis (20/1/2022) malam.

Peningkatan kasus positif Covid-19 saat ini, lanjut Wiku, disebabkan oleh dua sumber penularan yaitu dari transmisi lokal dan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Dikatakan Wiku, saat ini kasus positif nasional lebih banyak didapati dari transmisi lokal dibanding pelaku perjalanan luar negeri. Bahkan, per tanggal 15 Januari 2022, tercatat ada 63% kasus positif merupakan transmisi lokal.

Sementara itu, untuk data PPLN, kata Wiku, menunjukkan peningkatan namun tidak lagi mendominasi sebagai sumber penularan Covid-19.

“Jika dilihat dari asal pintu masuk, kasus positif dari PPLN di pintu masuk di DKI Jakarta saat ini trennya mengalami kenaikan. Selain itu kasus positif dari pintu masuk di PLBN Aruk dan Entikong di Kalimantan Barat dan pintu masuk di Kepulauan Riau menunjukkan fluktuasi. Namun, jumlahnya masih lebih rendah dibandingkan dengan transmisi lokalnya,” terang Wiku.

Ia menambahkan, data lain menunjukkan dari kepulangan jemaah umrah perdana pada 17 Januari 2022 lalu, sebanyak 20% kasus positif berhasil terdeteksi dari total jemaah.

Dikatakan Wiku, terlepas dari apapun varian yang pada saat ini masuk ke Indonesia, pada prinsipnya penularan Covid-19 sekecil apapun harus dikendalikan agar tidak semakin meluas dan menimbulkan lonjakan kasus.

“Sudah menjadi tugas kita bersama untuk mencegah meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia terlebih kita akan menyambut beberapa periode hari raya seperti Imlek dan Bulan Ramadan dalam 2 atau 3 bulan ke depan,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kenangan Din Syamsuddin Mengenai Sosok Buya Syafii Maarif

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, M Din Syamsuddin menceritakan berbagai kenangannya bersama Buya Ahmad Syafii Maarif yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 27 Mei 2022

Polisi Masih Tunggu Hasil Pemeriksaan Urine Sopir Pajero

Polisi masih menunggu hasil pemeriksaan urine terhadap pengemudi mobil Pajero berinisial JRS (23) yang terlibat kecelakaan maut di Jalan MT Haryono, Jaksel

NEWS | 27 Mei 2022

Soal Anak Ridwan Kamil, Keluarga: Belum Ada Informasi Baru

Pihak keluarga belum menerima informasi terbaru mengenai anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.

NEWS | 27 Mei 2022

Bima Arya Pimpin Doa untuk Keselamatan Anak Ridwan Kamil

Wali Kota Bogor Bima Arya memimpin doa untuk keselamatan anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

NEWS | 27 Mei 2022

KPK: Kasus Heli AW-101 Bukti Korupsi Sangat Rugikan Negara

KPK menyatakan kasus pengadaan helikopter Agusta Westland (AW)-101 atau heli AW-101 di TNI AU tahun 2016-2017 merupakan bukti korupsi sangat merugikan negara.

NEWS | 27 Mei 2022

Harga Minyak Goreng di Bogor Mulai Turun

Harga minyak goreng (migor) di sejumlah pasar di Kota Bogor mulai mengalami penurunan

NEWS | 27 Mei 2022

Rugikan Korban Rp 551 M, Dirut DNA Pro Daniel Abe Minta Maaf

Dirut PT DNA Pro Akademi, Daniel Abe meminta maaf atas kasus dugaan penipuan investasi aplikasi robot trading DNA Pro yang merugikan korban Rp 551 miliar.

NEWS | 27 Mei 2022

Presiden Zelensky Sebut Rusia Menikmati Perang di Ukraina

Presiden Zelensky menyebut Rusia sangat menikmati perang di Ukraina. Presiden Ukraina itu masih tidak mengerti bagaimana Rusia menolak bernegosiasi damai

NEWS | 27 Mei 2022

Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Jokowi: Selamat Jalan Guru Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan duka cita mendalam atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

Kasus Heli AW-101, KPK Blokir Rekening PT Diratama Jaya Senilai Rp 139,4 M

Tim penyidik KPK memblokir rekening bank milik PT Diratama Jaya Mandiri senilai Rp 139,4 miliar terkait kasus dugaan korupsi proyek heli AW-101 di TNI AU. 

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Filippo Inzaghi Diangkat Lagi Jadi Pelatih Brescia

Filippo Inzaghi Diangkat Lagi Jadi Pelatih Brescia

SPORT | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings