Logo BeritaSatu

Pasien Omicron Bisa Lakukan Isoman, Ini Ketentuannya

Kamis, 20 Januari 2022 | 22:11 WIB
Oleh : Wilsa Azmalia Putri / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Pasien Omicron saat ini bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, tetapi tidak semua pasien bisa melakukan isoman karena ada sejumlah syarat yang harus diperhatikan.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Kamis (20/1/2022).

"Ketentuan pencegahan dan pengendalian Covid-19 sekarang mengacu pada surat edaran yang baru, salah satunya tentang isolasi mandiri,” kata Nadia.

Adapun surat edaran yang dimaksud yakni Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022.

Dalam surat edaran baru tersebut ditetapkan bahwa pasien konfirmasi Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri jika memenuhi syarat klinis dan syarat rumah.

Dalam syarat klinis pasien harus berusia 45 tahun ke bawah, tidak memiliki komorbid, dapat mengakses telemedisin atau layanan kesehatan lainnya, dan berkomitmen untuk tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar.

Sedangkan dalam syarat rumah dan peralatan pendukung lainnya, pasien harus dapat tinggal di kamar terpisah, lebih baik lagi jika lantai terpisah, ada kamar mandi di dalam rumah terpisah dengan penghuni rumah lainnya dan dapat mengakses pulse oksimeter.

Jika pasien tidak memenuhi syarat klinis dan syarat rumah, maka pasien harus melakukan isolasi di fasilitas isolasi terpusat. Selama isolasi, pasien harus dalam pengawasan Puskesmas atau Satgas setempat.

Untuk isolasi terpusat dapat dilakukan di fasilitas publik yang telah dipersiapkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau swasta yang dikoordinasikan oleh Puskesmas dan dinas kesehatan.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengeluarkan Surat Edaran dengan Nomor HK.02.01/MENKES/1391/2021 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 30 Desember 2021.

Dalam surat edaran tersebut terdapat ketentuan yang menyatakan bahwa seluruh kasus probable dan konfirmasi varian Omicron baik yang bergejala maupun tidak bergejala harus dilakukan isolasi di rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan Covid-19.

Sementara itu, hingga Rabu (19 /1/2022), total kasus positif Covid-19 varian Omicron di Indonesia telah mencapai 882 kasus. Jumlah ini terdiri dari 649 pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) 174 transmisi lokal, dan 59 masih dalam penyelidikan epidemiologi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pimpinan DPR Tak Persoalkan Jokowi Tugaskan Luhut Urus Minyak Goreng

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya tak mempermasalahkan Presiden Jokowi menunjuk Luhut Pandjaitan mengurus sengkarut minyak goreng.

NEWS | 25 Mei 2022

Menag Ingatkan Jemaah Waspadai Suhu Tinggi saat Ibadah Haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kembali kepada pada Jemaah Calon Haji (JCH) guna mewaspadai suhu tinggi.

NEWS | 25 Mei 2022

Kimia Farma Diagnostika Luncurkan Layanan Baru untuk Masyarakat

PT Kimia Farma Tbk melalui Kimia Farma Diagnostika (KFD) meluncurkan dua pelayanan barunya yang berkualitas.

NEWS | 25 Mei 2022

Aplikasi Investasi Bibit.id Raih Pendanaan Baru Rp 1,16 Triliun

Bibit, salah satu aplikasi investasi digital di Indonesia, mengumumkan telah meraih pendanaan sebesar lebih dari US$ 80 juta (Rp 1,16 triliun)

NEWS | 25 Mei 2022

Update Covid-19: Kasus Baru 315, Menurun Dibanding Kemarin

Kemenkes melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19 hari ini, Rabu (25/5/2022), di Indonesia sebanyak 315.  

NEWS | 25 Mei 2022

IDI Siap Dukung Pemerintah untuk Pulihkan Kesehatan Dunia

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) siap mendukung pemerintah dan bekerja sama dengan berbagai lini dalam pemulihan kesehatan dunia.

NEWS | 25 Mei 2022

Hindari Peretasan, Ini Tip Membuat Password yang Kuat

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan paham bagaimana bertransaksi digital secara aman. Salah satu kiatnya membuat password yang kuat.

NEWS | 25 Mei 2022

Buat Polemik, Nikita Mirzani Bakal Dilaporkan ke Polisi

Nikita Mirzani bakal dilaporkan ke polisi setelah menyebut menyebut 'umat Islam senang nonton film porno' di media sosial.

NEWS | 25 Mei 2022

Habiburokhman: RUU KUHP Penting untuk Segera Disahkan

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman menegaskan pentingnya RUU KUHP segera disahkan menjadi undang-undang.

NEWS | 25 Mei 2022

Aksi Iklim pada Emisi CO2 Gagal Cegah Pemanasan Ekstrem

Aksi iklim pada emisi CO2 saja tidak akan bisa mencegah pemanasan ekstrem. Dunia harus melampaui pengurangan emisi karbon dioksida

NEWS | 25 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menag Ingatkan Jemaah Waspadai Suhu Tinggi saat Ibadah Haji

Menag Ingatkan Jemaah Waspadai Suhu Tinggi saat Ibadah Haji

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings