Logo BeritaSatu

Persentase Korban Jiwa Akibat Omicron Sangat Kecil

Sabtu, 22 Januari 2022 | 20:35 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan adanya dua korban jiwa pertama di Indonesia akibat varian Omicron, Sabtu (22/1/2022), atau hanya 0,17% dari 1.161 kasus yang sudah dikonfirmasi sejauh ini.

Dalam keterangannya, Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan dua pasien meninggal tersebut didiagnosa kormobid atau mengalami penyakit bawaan selain Covid-19.

Sebelumnya dia juga beberapa kali mengatakan sebagian besar kasus Omicron di Indonesia hanya bergejala ringan atau malah tanpa gejala sama sekali.

Meskipun jumlah kasus harian Covid-19 mengalami lonjakan cukup tajam dalam beberapa pekan terakhir, bersamaan dengan meningkatnya kasus Omicron, hal tersebut tidak mendorong angka kematian akibat virus yang sangat menular tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir, kasus baru harian melebihi 2.000 dan bahkan emcapai 3.205 pada Sabtu. Namun demikian, jumlah korban jiwa akibat Covid-19 tidak pernah mencapai dua digit dalam sehari sejak awal bulan ini.

Singapura juga baru melaporkan satu korban jiwa akibat Omicron, seorang pasien perempuan berusia 92 tahun dan belum divaksin.

Di Filipina, dari 500 pasien Omicron, dua orang meninggal dan keduanya tidak divaksin, berusia di atas 60 tahun, dan memiliki penyakit bawaan.

Meskipun rata-rata kasus Omicron bergejala ringan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan agar wabah varian ini tidak diremehkan.

“Kasus Omicron mungkin tidak terlalu parah secara pukul rata, tetapi narasi yang menyebutnya sebagai penyakit ringan adalah hal yang menyesatkan, bisa mengganggu penanganannya dan bisa menyebabkan lebih banyak korban jiwa lagi,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus belum lama ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Singgung KPK Masa Lalu, Firli Bahuri: 3 Orang Divonis Bebas

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan jajarannya tidak akan pernah mengulangi hal-hal yang terjadi pada periode lampau.

NEWS | 18 Mei 2022

Ular Sanca Sepanjang 5 Meter Nyaris Lilit Anak 7 Tahun di Lampung

Seekor ular sanca sepanjang 5 meter nyaris melilit seorang anak laki-laki berusia 7 tahun di Way Urang, Kalianda, Lampung Selatan.

NEWS | 18 Mei 2022

Hasto Kristiyanto Paparkan Disertasi Geopolitik Soekarno

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto telah memaparkan disertasi pemikiran geopolitik Soekarno dalam ujian prapromosi tertutup.

NEWS | 18 Mei 2022

Soal Demo 21 Mei, Sahroni: Sampaikan Aspirasi yang Tepat dan Membangun

Anggota DPR, Ahmad Sahroni mengatakan, demo 21 Mei yang digelar sejumlah elemen seharusnya tepat sasaran dan tidak mengangkat isu pemakzulan Presiden Jokowi.

NEWS | 18 Mei 2022

Transisi Endemi, Satgas Terbitkan Aturan Perjalanan Domestik

Satgas Covid-19 menerbitkan sejumlah ketentuan yang mengatur perjalanan dalam negeri, Rabu (18/5/2022) terkait transisi endemi.

NEWS | 18 Mei 2022

Erick Thohir Bekali Peserta Rekrutmen BUMN dengan Akhlak

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membekali calon pegawai BUMN dengan core values Akhlak.

NEWS | 18 Mei 2022

Kanwil Kemenkumham DKI Teken MoU dengan Pengadilan Tinggi dan PTA Babel

Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta melakukan perpanjangan MoU dengan Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

NEWS | 18 Mei 2022

Partai Gelora Nilai Sejumlah Menteri Aji Mumpung untuk Kampanye

Ketua Umum Gelora Anis Matta menilai sejumlah menteri aji mumpung telah mulai melakukan kampanye terselubung atau kerja-kerja politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022




TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

EKONOMI | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings