Logo BeritaSatu

Indeks Pembangunan Pemuda Turun Akibat Pandemi

Minggu, 23 Januari 2022 | 05:55 WIB
Oleh : Wilsa Azmalia Putri / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Capaian nilai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Indonesia pada 2020 sebesar 51,00 atau turun sebesar 1,67 poin dari tahun 2019. Padahal target nilai IPP Indonesia di tahun 2024 sebesar 57,67.

Menurut Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak Perempuan dan Pemuda Kemenko Pembangunan Manusia Kebudayaan (PMK), Femmy Eka Kartika Putri, penurunan nilai tersebut disebabkan pandemi Covid-19 yang berdampak pada domain kesempatan dan lapangan kerja. "Dari 29,12 juta penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19, sebesar 27% adalah pemuda," kata Femmy, dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Sabtu (22/1/2022)

Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) merupakan alat ukur pembangunan pemuda di lima domain dasar yaitu pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan diskriminasi.

Dikatakan Femmy, diperlukan kerja keras dan komitmen bersama dalam menyusun strategi kebijakan tepat untuk mendorong capaian target IPP sebesar 57,67 di tahun 2024. Sinergitas semua pemangku kepentingan sesuai skema pentahelix yang ada yaitu pemerintah, swasta, dunia pendidikan, media, dan masyarakat termasuk pemuda dan organisasi kepemudaan harus ditingkatkan. "Pada tahun 2022 ini kita perlu menyusun strategi koordinasi dan sinkronisasi antarpemangku," ujar Femmy

Ada beberapa catatan utama dari Direktur KPAPO Bappenas terhadap tantangan pengukuran IPP ke depan yakni political will Koordinasi Strategis Lintas Sektor dan legal basis (Perpres KSLS Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan), pemahaman stakeholder baik di pusat maupun di daerah terhadap IPP, dan metode perhitungan, rumusan indikator, dan domain IPP yang belum sempurna.

Sedangkan catatan dari Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat BPS di luar substansi penghitungan indeks adalah demografi pemuda 55% terkonsentrasi di Pulau Jawa harus menjadi poin utama pertimbangan penyusunan program kegiatan pembangunan pemuda. Pemerintah harus mendorong para pemuda untuk bermigrasi mengembangkan daerah-daerah di luar Jawa melalui program kegiatan yang mampu menarik perhatian pemuda untuk pindah.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat ini telah memiliki program Sentra Pemberdayaan pemuda desa/kelurahan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Esa Sukmawijaya, menjelaskan manfaat dari Program Sentra Pemberdayaan Pemuda (SPP) desa/kelurahan untuk mengukur potensi penduduk usia muda yang masuk ke pasar kerja. "Dengan adanya Program Sentra Pemberdayaan Pemuda Desa/Kelurahan diharapkan dapat mengukur potensi penduduk usia muda yang masuk ke pasar kerja, termasuk pekerja usia muda yang putus asa, dan kaum muda yang bukan angkatan kerja karena disabilitas, mengurus rumah tangga, dan lain sebagainya," jelas Esa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cegah Hepatitis Akut, DPR: Deteksi Dini Harus Jadi Prioritas

DPR mengingatkan pemerintah agar memprioritaskan pendeteksian dini hepatitis akut yang banyak menyerang anak tidak mewabah.

NEWS | 20 Mei 2022

Disindir Hasto, Golkar Tegaskan KIB Tak Ganggu Kerja Pemerintahan Jokowi

Sekjen Golkar, Lodewijk F Paulus menjawab sindiran Hasto Kristiyanto yang menyebut Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mengganggu pemerintahan Presiden Jokowi.

NEWS | 20 Mei 2022

Kasus Covid-19 di Mahasiswa, 5 Universitas Beijing Lockdown

Lima (5) universitas di Beijing, Tiongkok, melakukan penguncian (lockdown) setelah 11 mahasiswa di salah satu kampus terpapar Covid-19.

NEWS | 20 Mei 2022

Sambut Harkitnas, Dubes Heri Akhmadi Resmikan Midori

Pembentukan Midori Jepang dalam rangka Harkitnas juga memperingati 30 tahun hubungan RI-Jepang di bidang kehutanan.

NEWS | 20 Mei 2022

Viral Perampokan Bersenpi Tewaskan 3 Orang di Kalideres, Polisi: Hoax

Polisi memastikan video viral perampokan bersenpi di Citra 6, Kalideres, Jaksel yang menewaskan tiga orang dan menggasak Rp 150 juta adalah hoax.

NEWS | 20 Mei 2022

Tahun Ini, Ekspor Pertanian Sulut Capai Rp 2,9 Triliun

Sulawesi Utara (Sulut) terus membuktikan kontribusinya terhadap kinerja ekspor pertanian Indonesia, hingga 20 Mei 2022 ekspor pertaniannya capai Rp 2,9 triliun.

NEWS | 20 Mei 2022

Semangat Harkitnas Sejalan dengan Presidensi G-20 Indonesia

Menkominfo Johnny G Plate menilai, semangat dan cita-cita kebangkitan nasional (Harkitnas) sejalan dengan Presidensi G-20 Indonesia

NEWS | 20 Mei 2022

Petani Sawit Apresiasi Presiden Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

Petani sawit Indonesia mengapresiasi Presiden Jokowi terkait keputusan mencabut larangan ekspor minyak goreng dan CPO.

NEWS | 20 Mei 2022




TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Covid-19 di Mahasiswa, 5 Universitas Beijing Lockdown

Kasus Covid-19 di Mahasiswa, 5 Universitas Beijing Lockdown

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings