Logo BeritaSatu

Kini Muncul Subvarian BA.2 yang Dijuluki “Siluman Omicron”

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:45 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

London, Beritasatu.com – Setelah heboh gelombang infeksi varian Covid-19 Omicron, kini muncul kabar tentang versi lain dari varian yang lebih menular, yang dijuluki BA.2. Varian ini bahkan dijuluki "siluman Omicron" karena tampaknya mampu menghindari identifikasi lebih baik dari pendahulunya.

Sementara varian lainnya eperti Mu atau Lambda, memiliki dampak yang kecil, dan detailnya tetap samar. Indikasi awal memperlihatkan, bahwa BA.2 tampaknya menyebar bahkan di negara-negara di mana garis keturunan Omicron asli, BA.1, dominan.

Di Denmark, negara yang kebijakan Covid-nya sering dikontraskan dengan AS, BA.2 sekarang menyumbang hampir setengah dari sampel uji yang diurutkan. Pada pekan terakhir Desember, menurut data Statens Serum Institut di bawah naungan Kementerian Kesehatan Denmark, subvarian menyumbang 20% dari seluruh kasus Covid-19 di Denmark. Pada minggu kedua Januari, pangsanya telah meningkat menjadi sekitar 45% dari total.

“Selama periode yang sama, frekuensi relatif BA.1 telah turun,” menurut pernyataan dari lembaga tersebut. “BA.1 dan BA.2 memiliki banyak perbedaan dalam mutasi mereka di bidang yang paling penting. Faktanya, perbedaan antara BA.1 dan BA.2 lebih besar daripada perbedaan antara varian asli dan varian Alpha.”

Contoh analisis awal BA.2 di negara tersebut “tidak menunjukkan perbedaan dalam rawat inap,” menurut SSI. Juga tidak jelas seberapa efektif vaksin saat ini terhadap subvarian.

Wilayah Inggris Raya, Norwegia, Prancis, India, dan Swedia juga mengalami kasus cabang Omicron pada tingkat yang lebih rendah, seperti halnya AS.

BA.2 "telah ditetapkan sebagai varian yang sedang diselidiki" oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris. Versi baru Omicron pertama kali terdeteksi di Inggris pada 6 Desember 2021, menurut laporan HSA. Hingga saat ini, ada 426 kasus yang dikonfirmasi, dengan konsentrasi terbesar berpusat di sekitar London.

“Analisis awal menunjukkan tingkat pertumbuhan yang meningkat dibandingkan dengan BA.1, namun, tingkat pertumbuhan memiliki tingkat kepastian yang rendah di awal kemunculan varian dan analisis lebih lanjut diperlukan,” bunyi laporan tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Deadline

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Amankan 5 Penganiaya Remaja Putri di Taman Sempur Bogor

Polisi mengamankan lima pelaku penganiayaan terhadap remaja putri berinisial FC (15) di Taman Sempur Bogor. Kelima pelaku merupakan kelompok bermain korban.

NEWS | 29 Juni 2022

Pemerintah Kabupaten Tangerang Tutup 3 Outlet Holywings

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menyegel dan menutup kegiatan operasional di tiga outlet Holywings di daerah itu.

NEWS | 29 Juni 2022

Misi Damai Ukraina-Rusia, Presiden Jokowi Perlu Komunikasi Bilateral

Pengamat politik mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu melibatkan komunikasi bilateral.

NEWS | 29 Juni 2022

Sambut Hari Bhayangkara, Kapolri Ziarah ke TMP Kalibata

Kapolri  Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan ziarah ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan dalam rangkaian Hari Bhayangkara, 1 Juli 2022.  

NEWS | 29 Juni 2022

Wahana Antariksa Tiongkok Rekam Gambar Seluruh Planet Mars

Wahana antariksa tak berawak milik Tiongkok telah merekam gambar seluruh bagian Mars, termasuk kutub selatan planet tersebut.

NEWS | 29 Juni 2022

KAI Commuter Gelar Kampanye Cegah Pelecehan Seksual

KAI Commuter melakukan kampanye pencegahan tindak kekerasan dan pelecehan seksual di dalam perjalanan kereta mau‎pun di area stasiun.

NEWS | 29 Juni 2022

Hikmahbudhi Sayangkan Renovasi Wihara di Sukabumi Ditolak Ormas

Hikmahbudhi atau Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia menyayangkan penolakan renovasi wihara tersebut.

NEWS | 29 Juni 2022

Listrik PLN Kini Terangi Kampung Boldon di Papua Barat

Listrik PLN kini menerangi Kampung Boldon, sebuah kampung di Papua Barat, yang tidak mendapatkan penerangan yang layak selama 24 tahun lamanya.

NEWS | 29 Juni 2022

Bantuan untuk Korban Banjir Pamijahan Terkendala Medan

Pengiriman bantuan ke wilayah terdampak lngsir dan banjir Pamijahan, Bogor masih mengalami kesulitan karena terkendala medan.

NEWS | 29 Juni 2022

Tiba di Kyiv Ukraina, Misi Perdamaian Jokowi Dimulai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana telah tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina. Misi perdamaian Jokowi untuk Ukraina dan Rusia pun dimulai.

NEWS | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tokopedia Luncurkan Spot Award, Program Apresiasi Karyawan

Tokopedia Luncurkan Spot Award, Program Apresiasi Karyawan

EKONOMI | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings