Logo BeritaSatu

IDAI: Percepat Vaksinasi Covid-19 karena Anak Dapat Jadi Penular Aktif

Kamis, 27 Januari 2022 | 18:18 WIB
Oleh : WM

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso mengatakan, anak dapat menjadi penular yang aktif sehingga pemerintah perlu mempercepat vaksinasi Covid-19 pada kelompok anak-anak.

“Anak-anak itu sebagian besarnya memang bila terkena Covid-19 bergejala ringan ya. Sedikit sekali yang bergejala berat. Tetapi dia bisa menjadi penular yang aktif,” katanya dalam webinar Lokapala 3.0 bertajuk “Habis Gelap Terbitkah Terang?” yang diikuti di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Ia menyatakan, meski rata-rata anak yang terkena Covid-19 memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan orang dewasa, namun anak dapat menjadi penular aktif karena adanya interaksi yang dilakukan di sekolah bersama teman-temannya.

Adanya interaksi yang tidak sadar dilakukan anak, kata dia, membuka peluang tertular Covid-19 terutama dengan adanya varian Omicron. Membuat anak pulang dengan membawa virus ke dalam keluarga, yang kemudian menyebabkan kelompok rentan seperti penduduk lanjut usia (lansia) jadi terpapar.

Menurutnya, semua pihak dapat mencegah anak menjadi penular aktif melalui mempercepat pemberian vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun dan mendidik masyarakat luas mengenai pentingnya memberikan vaksin pada anak.

Tapi sayangnya, kata dia, masih banyak orangtua yang takut membawa anaknya untuk di vaksinasi dan berbagai gerakan yang menolak pemberian vaksin pada anak di berabgai media sosial, sehingga target cakupan vaksinasi Covid-19 pada anak berisiko tidak tercapai.

“IDAI tidak merekomendasikan anak yang belum vaksinasi untuk mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM). Jadi harus diperhatikan seperti ini, kadang-kadang malah diabaikan,” katanya.

Sementara untuk melindungi anak yang belum bisa divaksinasi, orangtua dapat menciptakan lingkungan yang aman dan sehat, dimana semua orang di sekitar anak dipastikan setidaknya telah divaksinasi.

Kemudian pada pihak pemerintah dan sekolah, IDAI merekomendasikan untuk tidak memberlakukan PTM terlebih dahulu, terutama dengan adanya Omicron yang merebak dalam masyarakat.

Sebagai opsi lain, pemerintah dapat menggunakan pilihan pembelajaran jarak jauh (PJJ) guna mengurangi potensi terpaparnya anak oleh Covid-19.

“Sangat riskan meninggalkan anak-anak kita apalagi yang belum vaksinasi lengkap untuk mengikuti PTM. Kami IDAI, merekomendasikan untuk pemerintah meninjau kembali kebijakan PTM ini dan diberi opsi agar tetap ada pilihan hybrid atau pembelajaran jarak jauh,” kata Piprim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Siloam Hospitals Manado Ingatkan Pentingnya Hidup Sehat

Siloam Hospitals Manado, Sulawesi Utara mengingatkan tentang pentingnya menjaga polda hidup sehat.

NEWS | 24 Mei 2022

Amnesty International: Eksekusi Mati Melonjak 20 Persen pada 2021

Amnesty International menyatakan kasus eksekusi mati melonjak 20 persen dan jumlah hukuman mati yang dijatuhkan meningkat 40 persen pada 2021.

NEWS | 24 Mei 2022

Banjir Rob, Gubernur Jateng Kembali Cek Tanggul Laut Jebol

Gubernur Jawa  Tengah Ganjar Pranowo kembali meninjau beberapa titik yang tergenang rob, serta tanggul laut yang jebol, Selasa 24 Mei 2022.

NEWS | 24 Mei 2022

Kemendagri Harus Susun Aturan Teknis Penjabat Kepala Daerah

Saan Mustopa menganjurkan Kemendagri segera membuat dan menyusun aturan teknis penunjukan dan pengangkatan penjabat kepala daerah.

NEWS | 24 Mei 2022

Menko PMK Launching Penanaman 10 Juta Pohon Mangrove

Menko PMK Muhadjir Effendy saat me-launching penanaman 10 juta pohon mangrove di 34 provinsi di Indonesia.

NEWS | 24 Mei 2022

Westlife Gelar Konser di Jakarta pada 11 Februari 2023

Westlife akan menggelar konser The Wild Dreams Tour pada 11 Februari 2023 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta.

NEWS | 24 Mei 2022

BPBD Jateng Kerahkan Tim ke Daerah Terdampak Banjir Rob

BPBD Jateng mengerahkan tim ke daerah terdampak banjir rob yang terjadi di wilayahnya. Tim akan siaga di posko hingga dapur umum.

NEWS | 24 Mei 2022

Empat Negara Eropa Serukan Perampasan Aset Rusia untuk Ukraina

Empat negara Eropa menyerukan perampasan aset Rusia untuk rekonstruksi Ukraina. Seruan disampaikan lewat surat dari Lithuania, Slovakia, Latvia dan Estonia

NEWS | 24 Mei 2022

Aruna Hadiri Pra-KTT III Y-20 Indonesia di Balikpapan

Aruna, perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia diundang untuk menjadi bagian dari Pra-KTT III Y20 Indonesia  di Balikpapan, Kaltim.

NEWS | 24 Mei 2022

Rajungan Berpotensi Jadi Unggulan Sektor Perikanan Lampung

Gubernur Arinal Djunaidi menyebut potensi sumber daya kelautan dan perikanan Provinsi Lampung sangat besar, termasuk rajungan.

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
SUN Energy dan Wika Mulai Bangun PLTS Terbesar di Untan

SUN Energy dan Wika Mulai Bangun PLTS Terbesar di Untan

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings