Logo BeritaSatu

Movfor, Obat Covid Molnupiravir Versi Indonesia Diluncurkan

Selasa, 15 Februari 2022 | 15:17 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Movfor, merek obat Covid-19 nama lain dari Molnupiravir, resmi diluncurkan PT. Amarox Pharma Global dan PT Parit Padang Global, di Jakarta, Selasa (15/2/2022).

Movfor merupakan merek obat Molnupiravir pertama di Indonesia dan diciptakan khusus untuk penyembuhan Covid-19. Molnupiravir merupakan obat antivirus yang mendapatkan izin Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan POM di Indonesia.

Movfor diindikasikan untuk pengobatan infeksi Covid-19 ringan sampai sedang pada pasien dewasa (usia 18 tahun ke atas) yang tidak memerlukan pemberian oksigen dan memiliki peningkatan risiko menjadi infeksi Covid-19 berat.

Kini Molnupiravir telah hadir di Indonesia. Obat Molnupiravir yang disetujui di Indonesia berupa kapsul 200 mg yang diproduksi Hetero Labs Ltd., India, didaftarkan, diimpor dan dipasarkan oleh PT. Amarox Pharma Global di Indonesia dengan merek Movfor.

General Manager PT Amarox Pharma Global (Hetero), Sandeep Sur, mengungkapkan bahwa Movfor telah dipasarkan dan digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 di India dan di beberapa negara ASEAN.

“Berdasarkan hasil uji klinis fase 3, Molnupiravir efektif pada varian virus SARS-CoV-2 yang ada saat ini dan berpotensi menghambat infeksi varian Omicron SARS-CoV-2 dengan hasil RT-PCR viral clearance 100 % pada hari ke-5,” ujar Sandeep Sur.

Bahkan, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin pun telah datang meninjau langsung kesiapan 400.000 tablet Molnupiravir di pabrik PT Amarox Pharma Global yang berlokasi di Delta Silicon Industrial Park, Cikarang. Proses produksi lokal Molnupiravir dipastikan telah berjalan dengan standard kualitas yang tinggi dan siap hadir memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Vice President Sales & Marketing PT Parit Padang Global, Edwin Vega menyatakan Movfor menjadi harapan baru penanganan Covid-19 di Indonesia. Trend jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali meningkat pesat sejak minggu ke-2 Februari 2022.

Varian Omicron yang mendominasi kasus Covid-19 saat ini juga menyerang orang yang telah mendapatkan vaksin. Satgas Covid-19 mencatat ada tambahan 44.526 kasus baru infeksi virus corona pada 13 Februari 2022.

“Virus corona varian Omicron menjadi varian yang mendominasi dan membuat kasus Covid-19 melonjak dalam beberapa minggu terakhir. Namun kini kita juga memiliki harapan baru dalam penanganan Covid-19 dengan hadirnya Molnupiravir sebagai obat yang efektif untuk penyembuhan,” ujar Edwin Vega.

Sales & Product Group Manager PT Parit Padang Global, Donny Satria menyatakan Movfor telah didistribusikan di 25 cabang PT. Parit Padang Global yang mencakup 34 provinsi di Indonesia. Ia mengungkapkan Movfor mendapat sambutan positif di berbagai kota terlihat dari tingginya permintaan Movfor oleh berbagai fasilitas kesehatan dan layanan penyediaan obat.

“Sejauh ini, pada alokasi pertama kami mendapatkan cukup banyak permintaan seiring dengan meningkatnya laporan kasus Covid-19,” ujar Donny Satria.

Donny memastikan PT. Parit Padang Global telah membangun lini distribusi yang efektif untuk memasok kebutuhan Movfor di berbagai kota. Ia menerangkan kini Movfor bisa didapatkan dengan resep dokter di berbagai apotik dan fasilitas kesehatan di Indonesia.

Molnupiravir yang terkandung dalam Movfor dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19 secara aman dan efektif sehingga produk ini bisa menjadi harapan baru penanganan Covid-19 yang bisa diandalkan masyarakat Indonesia. Donny juga memastikan Movfor sudah siap didistribusikan ke apotik-apotik dan fasilitas kesehatan di Indonesia.

Senior Product Manager PT. Amarox Pharma Global (Hetero), Heny Sulistiyaningsih, mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi dari aspek keamanan, pemberian Molnupiravir relatif aman dan memberikan efek samping yang dapat ditoleransi. Efek samping yang paling sering dilaporkan adalah diare, mual, sakit kepala dan mengantuk.

“Bekerja sama dengan PT. Parit Padang Global, kami berkomitmen untuk memastikan stok dan supply Molnupiravir di Indonesia dapat terdistribusi serta menjangkau seluruh fasilitas-fasilitas kesehatan di Indonesia, sehingga kehadiran Movfor dapat segera menekan laju pertambahan kasus Covid-19 di Indonesia,” tutup Heny Sulistyaningsih.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tim SAR Swiss Prioritaskan Pencarian Anak Ridwan Kamil

Tim SAR Swiss memprioritaskan pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang menghilang terbawa arus Sungai Aare, Swiss sejak 26 Mei 2022.

NEWS | 28 Mei 2022

Pencarian Anak Ridwan Kamil, Suhu Air Sungai 16 Derajat Celsius

Dubes RI untuk Swiss menyatakan, kondisi suhu air di Sungai Aare, mencapai 16 derajat celsius terkait pencarian Emmeril Kahn Mumtadz.

NEWS | 28 Mei 2022

Media Asing Ternama Soroti Kasus Hilangnya Anak Ridwan Kamil

Media asing ternama di dunia menyoroti kasus hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz saat berenang di Sungai Aare, Swiss.

NEWS | 28 Mei 2022

Gagalkan Upaya AS, Tiongkok dan Rusia Veto Sanksi ke Korut

Tiongkok dan Rusia menggunakan hak veto mereka untuk menggagalkan upaya AS agar PBB menjatuhkan serangkaian sanksi terhadap Korut.

NEWS | 28 Mei 2022

Rusia Pertimbangkan Kripto untuk Pembayaran Internasional

Rusia sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan mata uang kripto digunakan untuk pembayaran internasional. Diskusi telah berlangsung berbulan-bulan.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Ungkap Pembalakan Liar, Kombes Kurniadi Raih Presisi Award

Penanganan perkara lingkungan seperti pembalakan liar atau illegal logging saat ini menjadi tantangan terbesar aparat penegak hukum.

NEWS | 28 Mei 2022

Pasien Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran Tetap 19 Orang

Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, pada Sabtu (28/5/2022) tidak bertambah atau berkurang tetap 19 orang.

NEWS | 28 Mei 2022

Bima Arya: Guru Bangsa Toleran Seperti Buya Syafii Maarif Sulit Ditemukan

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan guru bangsa yang tidak umbar kebencian seperti Buya Syafii Maarif sulit ditemukan.

NEWS | 28 Mei 2022

Relasi Bogor-Tanah Abang Dihapus, KRL Mania: Ribet!

Hari pertama pemberlakuan perubahan jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Bogor-Jakarta, Sabtu (28/5/2022) diwarnai kebingungan para penumpang.

NEWS | 28 Mei 2022

Rachmat Gobel: Buya Syafii Maarif Pejuang Pluralisme

Meninggalnya Buya Ahmad Syafii Maarif membuat Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel sangat kehilangan sosok negarawan pejuang pluralisme.

NEWS | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anak Ridwan Kamil Hilang, Setahun Sungai Aare Telan 15-20 Korban

Anak Ridwan Kamil Hilang, Setahun Sungai Aare Telan 15-20 Korban

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings