Logo BeritaSatu

Hari Kartini, Siloam Hospitals Balikpapan Dorong Kesehatan Reproduksi Wanita

Sabtu, 23 April 2022 | 09:04 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Balikpapan, Beritasatu.com- Siloam Hospitals Balikpapan mendorong kesehatan reproduksi wanita dalam rangka peringatan Hari Kartini, pada Kamis (21/4/2022). Edukasi yang disampaikan Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Noviana Indarti ini juga disiarkan secara daring melalui akun Instagram @siloambalikpapan.

Noviana selaku dokter di Siloam Hospitals Balikpapan menjelaskan bahwa kesehatan reproduksi merupakan suatu kondisi di mana tubuh wanita sehat secara fisik, mental, dan sosial, serta dapat memahami organ dan fungsi reproduksinya.

Advertisement

“Maraknya kasus pelecehan dan pemerkosaan yang terjadi di tengah masyarakat, salah satu penyebabnya dapat berupa kurangnya pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi,” katanya.

Menurut Noviana, kesehatan reproduksi penting untuk disosialisasikan supaya dapat meningkatkan kesadaran wanita dalam mengatur fungsi dan proses reproduksi. Selain itu, edukasi ini diharapkan dapat membekali wanita tentang pengetahuan yang benar sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Agar wanita dapat lebih mengenal diri sendiri, paparan Noviana berfokus pada pemberian pengetahuan dasar tentang kesehatan reproduksi, pengenalan sistem dan alat reproduksi, pendewasaan dalam usia perkawinan, dan pencegahan terjadinya kekerasan seksual pada wanita.

“Tak hanya itu, bahaya narkoba dan penggunaan minuman keras dapat berpengaruh. Biasanya penggunaan narkoba dan miras dapat membuat pikiran menjadi kacau, ya. Dari beberapa kasus yang ditangani, setelah (minum) miras, itu bisa saja melakukan hubungan seksual dan terjadi kehamilan di luar nikah,” tutur Noviana.

Media sosial pun juga dapat memberikan dampak negatif dan misinformasi dalam hal mengenal sistem reproduksi, terutama bagi anak-anak di bawah umur. Maka dari itu, mengenal dan menjaga kesehatan reproduksi merupakan edukasi yang penting dan perlu disosialisasikan kepada masyarakat.

Jika tidak dijaga dengan baik, kata Noviana, organ reproduksi dapat menimbulkan berbagai penyakit yang berpengaruh pada organ reproduksi. Beberapa penyakit di antaranya, yaitu gonore dengan gejala rasa sakit saat buang air kecil dan mengeluarkan nanah. Sifilis atau raja singa, penyakit menular seksual dengan gejala yang samar, salah satunya dapat diketahui jika terdapat luka lecet pada alat kelamin. Herpes kelamin yang ditandai dengan nyeri dan luka pada alat kelamin. Klamidia yang ditandai dengan keputihan berlebihan dan bercak darah.

Selain penyakit menular seksual tersebut, Noviana juga menyebutkan beberapa penyakit lainnya, seperti HIV dan AIDS, tumor, miom (tumor di rahim), kista, dan kanker serviks.

“Langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit menular seksual adalah dengan menghindari faktor risiko, seperti tidak melakukan aktivitas seksual dengan pasangan yang berbeda-beda, tidak menikah terlalu dini untuk menghindari ketidaksiapan tubuh dalam melakukan aktivitas seksual dan proses kehamilan,” katanya.

Noviana menyarankan vaksinasi dan pap smear juga perlu dilakukan untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim. Jika terdapat gejala sakit pada organ reproduksi dan berlangsung dalam waktu yang lama, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Faktor Penyebab Terjadinya Gempa Bumi

Penyebab terjadinya gempa bumi bisa berasal dari berbagai macam faktor. Berikut ini faktor penyebab terjadinya gempa bumi.  

NEWS | 7 Februari 2023

AKBP (Purn) Eko Setia Siap Hadapi Laporan Keluarga Hasya

AKBP (Purn) Eko Setia Budi Wahono siap menghadapi laporan yang dibuat keluarga almarhum mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Hasya Attalah Syahputra.

NEWS | 7 Februari 2023

Kitchen Lab Ekstasi di Johar Baru Pasarkan Produk di Jakarta dan Sekitarnya

Polri berhasil mengungkap kitchen lab ekstasi di permukiman padat penduduk Johar Baru, Jakarta Pusat.

NEWS | 7 Februari 2023

Menginjak 100 Tahun, NU Siap Menuju Kebangkitan Baru

Nahdlatul Ulama (NU) hari ini menggelar resepsi puncak hari lahir ke-100 tahun yang diselenggarakan di Sidoarjo, Jawa Timur.

NEWS | 7 Februari 2023

Kitchen Lab Ekstasi di Johar Baru Beli Bahan Baku secara Online

Bareskrim Polri membongkar adanya kitchen lab yang memproduksi butir ekstasi di Johar Baru. Kitchen lab ini diketahui membeli bahan baku secara online.

NEWS | 7 Februari 2023

Banser Bawa Lagu ‘We Will Rock You’, Jokowi: Sekarang Sudah Senang Queen

Presiden Jokowi kagum dengan penampilan drumband Banser yang membawakan lagu 'We Will Rock You' dari grup band Queen.

NEWS | 7 Februari 2023

1 Abad NU, Jokowi: Nahdliyin Layak Berkontribusi untuk Dunia

Jokowi mengatakan, sebagai organisasi Islam terbesar di dunia yang telah berumur 1 abad, NU (Nahdlatul Ulama) layak berkontribusi kepada dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Kapolda Benarkan Pesawat Susi Air Dibakar oleh KKB Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membenarkan pesawat Susi Air dibakar Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Operasi Keselamatan Jaya 2023, Polda Metro Kerahkan 2.939 Personel

Polda Metro Jaya mengerahkan 2.939 personel dalam Operasi Keselamatan Jaya 2023 pada 7-20 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023

Kasus Lukas Enembe, KPK Benarkan Geledah Kantor Dinas PU Papua

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar penggeledahan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua hari ini, Selasa (7/2/2023) terkait Lukas Enembe

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekan Diabetes, Negara-negara Ini Sukses Terapkan Cukai Minuman Berpemanis

Tekan Diabetes, Negara-negara Ini Sukses Terapkan Cukai Minuman Berpemanis

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE