Logo BeritaSatu

PDSI Pertanyakan Ketunggalan Organisasi Profesi Dokter

Selasa, 3 Mei 2022 | 05:14 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) mempertanyakan ketunggalan organisasi profesi dokter seperti yang diklaim pimpinan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) beberapa hari lalu.

Ketua Umum PP PDSI dr Jajang Edi Priyatno mengungkapkan faktanya sudah ada gugatan UU Praktik Kedokteran yang dilakukan bersama beberapa dokter senior dan guru besar ke Mahkamah Konstitusi (MK) sejak tahun 2017 dan 2018.

Advertisement

"Waktu itu yang dimohonkan bukan ketunggalan organisasi profesi, tetapi kemandirian kolegium dan perhimpunan spesialis. Majelis hakim menolak permohonan ini bukan karena tidak setuju dengan inti permohonan kami, namun menganggap hal ini dapat diubah dalam AD/ART internal saja," katanya kepada Beritasatu.com, Senin (2/5/2022).

Dengan demikian, lanjut dia, belum pernah ada putusan Mahkamah Konstitusi terkait ketunggalan organisasi profesi dokter. Yang menarik adalah Mahkamah mengabulkan satu permohonan, yaitu Ketua Umum Organisasi Profesi Dokter tidak boleh rangkap jabatan di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Jadi, MK memiliki semangat yang sama dalam mengarahkan putusan yang bersifat antimonopolistik dalam organisasi profesi.

Beredar kabar juga bahwa UU Tenaga Kesehatan mewajibkan hanya satu organisasi profesi untuk tiap jenis tenaga kesehatan. "Hal ini juga keliru karena UU tersebut sudah digugat ke Mahkamah Konstitusi, sehingga dokter tidak tergolong sebagai tenaga kesehatan, tetapi tenaga medis. Otomatis ketunggalan organisasi profesi dokter juga tidak bisa mengacu pada UU tersebut," tegas dr Jajang.

Oleh sebab itu, PDSI yakin menjadi alternatif organisasi profesi dokter di era demokrasi pascareformasi. Sesuai pepatah terkenal "Power tends to corrupt, absolute power corrupts absolutely".

Sebagai pelopor reformasi kedokteran Indonesia, PDSI membuka pendaftaran gratis secara online (https://pdsionline.com), SKP seminar gratis untuk para dokter, serta mengadvokasi pembayaran standar gaji serta insentif untuk peserta pendidikan dokter spesialis.

Pakta integritas tiap anggota PDSI adalah setia pada NKRI dan UUD 1945, taat pada Pancasila sebagai satu-satunya asas, tidak membedakan suku, agama, ras, dan antargolongan, serta tidak membedakan almamater.

"Kami juga siap berkoordinasi dengan DPR dan mendukung penuh program Kementerian Kesehatan, serta Konsil Kedokteran Indonesia. Kami berharap supaya dengan semua hal tersebut, taraf kesehatan masyarakat Indonesia juga meningkat.

Baca selanjutnya
Sekretaris Umum PDSI, dr Erfen Gustiawan menyebut tidak ada aturan organisasi ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pelaku Kuras Rp 1,1 Miliar dari Korban Mutilasi di Bekasi

M Ecky Listhianto (MEL), pelaku mutilasi di Bekasi, menguras uang korban Angela Hindriati Wahyuningsih (AHW) sebesar Rp 1,1 miliar.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Dahsyat di Turki Tewaskan 10 Orang, Guncangan Hancurkan Bangunan di Suriah

Gempa dahsyat dengan kekuatan 7,9 skala Richter melanda Turki selatan dan guncangannya dirasakan di Suriah yang sampai menghancurkan sebuah bangunan.

NEWS | 6 Februari 2023

Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Prabowo dan Gerindra atas Dukungan untuk Pemerintahan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan ucapkan selamat kepada Partai Gerindra yang merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-15.

NEWS | 6 Februari 2023

Polda Metro Jaya Ungkap Fakta-fakta Baru Mutilasi di Bekasi

Polda Metro Jaya membeberkan fakta-fakta baru terkait kasus pembunuhan disertai mutilasi di Bekasi yang dilakukan Ecky terhadap Angela Hindriati.

NEWS | 6 Februari 2023

Sandiaga Uno Dampingi Prabowo di Acara HUT Partai Gerindra ke-15

Sandiaga Uno mendampingi Ketum Gerindra Prabowo Subianto pada acara perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-15 Partai Gerindra

NEWS | 6 Februari 2023

Balon Mata-mata Muncul di Wilayah Udara Kolombia

Militer Kolombia melihat objek balon mata-mata di wilayah udaranya, hanya sehari setelah jet tempur AS menembak benda terbang dari Tiongkok tersebut.

NEWS | 6 Februari 2023

1.623 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Demo Buruh di Depan Gedung DPR RI

Sebanyak 1.623 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi demo buruh yang digelar di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

NEWS | 6 Februari 2023

Percintaan Menjadi Motif Pelaku Mutilasi di Bekasi

Mutilasi di Bekasi. Latar belakang percintaan menjadi motif tersangka M Ecky membunuh disertai mutilasi terhadap korban Angela Hindriati.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Anak Kembali Ditemukan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan laporan kasus baru gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA),

NEWS | 6 Februari 2023

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pengemis di Tangerang mengaku pendapatannya saat Cap Go Meh lebih sedikit dibanding tahun baru Imlek 2 minggu lalu.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pelaku Kuras Rp 1,1 Miliar dari Korban Mutilasi di Bekasi

Pelaku Kuras Rp 1,1 Miliar dari Korban Mutilasi di Bekasi

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE