Logo BeritaSatu

Didukung Mayoritas Masyarakat, YKMI Desak Pemerintah Sediakan Vaksin Halal

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:16 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) mendesak pemerintah menjalankan putusan Mahkamah Agung (MA) yang memerintahkan untuk segera menyediakan vaksin halal dan menghentikan penggunaan vaksin haram untuk masyarakat muslim. Apalagi, langkah YKMI didukung mayoritas masyarakat.

Pembina YKMI KH Jamaluddin F Hasyim mengatakan dukungan masyarakat ini terlihat dari hasil survei Media Survei Indonesia (MSI) yang menunjukkan 92,9% masyarakat setuju dan mendukung langkah YKMI dalam memperjuangkan dan mendesak pemerintah menyediakan vaksin halal sebagaimana putusan MA. Dalam survei itu, hanya 0,4% responden yang tidak setuju dan tidak mendukung, sementara sisanya atau 6,7% responden tidak menjawab.

"Kami meminta pemerintah jangan anggap remeh hal ini. Presiden Jokowi yang katanya mendukung Indonesia sebagai pusat halal dunia harus menunjukkan langkah konkretnya. Jangan sampai ketidakpatuhan terhadap putusan MA ini menjadikan umat mengalami moral distrust kepada pemerintah," ujar Jamaluddin kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022).

Apalagi, kata Jamaluddin, dari hasil survei MSI tersebut, sebanyak 38,2% masyarakat mengatakan Presiden Jokowi sebagai pihak yang paling bertanggung jawab terkait penyediaan vaksin halal. Kemudian 31,4% masyarakat mengatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan 15,5% masyarakat mengatakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto. Hal tersebut, tutur dia, menunjukkan besarnya harapan masyarakat kepada Presiden Jokowi, Budi Sadikin dan Airlangga Hartarto untuk menyediakan vaksin halal.

"Data itu menunjukkan tingginya harapan masyarakat terutama yang muslim berharap Pak Jokowi jangan sampai mengecewakan masyarakat. Begitupun kepada Pak Menteri Budi Sadikin, kita ini negara yang mayoritas penduduknya muslim, dan 95,8% masyarakat akan memilih vaksin halal," kata Jamaluddin.

Diketahui, survei MSI dilakukan pada 1 Mei hingga 7 Mei 2022. Pengambilan data melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner yang tersimpan di aplikasi.

Total responden sebanyak 1.220 pemudik yang tersebar di titik-titik keberangkatan atau tempat peristirahatan pemudik, seperti rest area Tol Jakarta-Cikampek (rest area KM 57, KM 62), rest area Tol Jakarta-Merak (KM 43), Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Pulogebang, Terminal Tanjung Priok). Kemudian rest area motor Kedung Waringin Bekasi dan Merak, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Bandara Soekarno Hatta, serta Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni.

Penentuan responden dilakukan secara nonprobabilistik dengan metode purposive sampling. Kriteria responden pemudik selain beragama Islam, adalah mereka yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah divaksin Covid-19.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IDI Duga Kuat Adenovirus Penyebab Hepatitis Akut

Ketua Dewan Pertimbangan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengungkapkan tersangka utama penyebab hepatitis akut masih adenovirus.

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Entomolog Kesehatan: Obat dan Vaksin DBD Belum Ada

Entomolog Kesehatan Dinkes Kota Bogor mengingatkan, obat dan vaksin untuk melumpuhkan Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus pada kasus DBD belum ada

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Usai Dipecat IDI, Dokter Terawan Jadi Dewan Pelindung PDSI

Mantan Menkes dokter Terawan Agus Putranto resmi bergabung dengan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) usai dipecat oleh PB IDI.

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Meski Kasus Covid-19 Melandai, Jakarta Penyumbang Terbanyak

Hari ini kasus Covid-19 harian dengan penambahan kasus terbanyak di DKI Jakarta dengan 93 kasus , disusul Jawa Barat dengan 40 kasus

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap Capai 166 Juta Suntikan

Untuk dosis lengkap cakupan vaksinasi Covid-19 mencapai 166.252.348 suntikan atau 79,82% dari target sasaran vaksinasi nasional sebanyak 208.265.720

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Update Covid-19: Hari Ini Kemenkes Catat 257 Kasus

Hari ini, Kemenkes mencatat kasus harian Covid-19 di Indonesia terjadi penambahan 257 kasus baru, sehingga total kasus Covid-19 tercatat 6.050.776 kasus

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Update: RSPI Sebut Ada 17 Kasus Hepatitis Akut di Indonesia

Dirut RSPI Sulianti Saroso dr Syahril Mansyur menyatakan hingga saat sudah ada 17 dugaan laporan kasus hepatitis akut di Indonesia.

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Menkes Dorong Penggalangan Dana Darurat Pandemi ASEAN

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendorong penggalangan dana darurat untuk penanggulangan pandemi di negara-negara anggota ASEAN.

KESEHATAN | 15 Mei 2022

ASEAN Bakal Bentuk Standar Protokol Kesehatan yang Sama

Negara anggota ASEAN akan mengeluarkan joint statement mengenai adopsi negara-negara ASEAN terhadap standar protokol kesehatan.

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Menkes se-ASEAN Setuju Dirikan Pusat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

Menkes se-ASEAN menyutujui pendirian Pusat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan Penyakit Menular ASEAN.

KESEHATAN | 15 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas

Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas

NASIONAL | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings