Studi: Bertualang di Alam Bebas Tanpa Gadget Bisa Tingkatkan Kreativitas

Studi: Bertualang di Alam Bebas Tanpa Gadget Bisa Tingkatkan Kreativitas
Ilustrasi liburan di alam bebas. ( Foto: Visualphotos )
Ririn Indriani Kamis, 21 Februari 2013 | 08:13 WIB

Alam bisa memberikan banyak inspirasi bagi umat manusia. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi baru-baru ini yang menunjukkan bahwa, menghabiskan beberapa hari untuk mendaki gunung dapat meningkatkan kreativitas.

Kesimpulan ini didapat setelah para peneliti mengamati 56 pendaki selama empat hari. Selama pendakian tersebut, mereka tidak diizinkan untuk membawa laptop, ponsel, atau teknologi lainnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa berinteraksi dengan alam selama empat hari tanpa gangguan teknologi dapat meningkatkan kreativitas para pendaki hingga 50 persen.

Prosentasi ini diketahui setelah para pendaki tersebut menjalani tes kreativitas sebelum dan setelah pendakian. Peneliti menjelaskan, peningkatan kreativitas ini terjadi karena otak tidak stres lantaran setiap hari berinteraksi dengan berbagai perangkat teknologi tersebut.

"Otak manusia sangat dipengaruhi oleh keadaan sekitarnya. Otak menjadi tidak berguna jika terus berinteraksi dengan teknologi, "kata peneliti David Strayer dari University of Utah, seperti dilansir Health Today.

Alihkan perhatian Anda dari jaringan atau jejaring sosial, ponsel, komputer, dan stres sehari-hari agar otak menjadi segar kembali. Dengan begitu kreativitas Anda pun semakin meningkat.

Alam tampaknya memang memiliki efek positif pada otak. Beberapa studi sebelumnya juga  menunjukkan bahwa mendaki gunung tidak hanya baik untuk kreativitas tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan kanker. Tak hanya itu, aktivitas outdoor ini pun bisa membuat seseorang menjadi lebih peka dan memiliki empati yang baik terhadap orang orang lain dan lingkungan sekitar.

Jadi, tunggu apalagi? Segera atur rencana petualangan seru Anda di alam bebas bersama keluarga atau teman-teman.

Sumber: Health Today