Kampung Kumuh di Surabaya menjadi Kampung Berseri Astra

Kampung Kumuh di Surabaya menjadi Kampung Berseri Astra
Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (tengah) mengetes air Water Treatment Plant (WTP) saat peresmian Kampung Berseri Astra di Kampung Keputih Tegal Timur, Surabaya, Jawa Timur, 14 Oktober 2014. ( Foto: Astra International )
/ HA Selasa, 14 Oktober 2014 | 22:52 WIB

Surabaya – Program Kamung Berseri yang disponsori PT Astra International Tbk resmi dilaksanakan di Surabaya, Selasa (14/10), berlokasi di Kampung Keputih Tegal Timur.

Konsep Kampung Berseri Astra merupakan wilayah dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif, sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh Astra.

Peresmian dilaksanakan oleh perwakilan Pemerintah Kota Surabaya dan Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto, serta dihadiri oleh para kepala dinas pemerintahan kota Surabaya.

Selain di Surabaya, Astra telah melaksanakan program Kampung Berseri Astra di enam wilayah lainnya, yaitu Sungai Bambu – Jakarta, Warakas – Jakarta, Papanggo – Jakarta, Cakung Barat – Jakarta, Suoh – Lampung dan Pasirluyu – Bandung.

Kampung Keputih Tegal Timur terpilih karena memenuhi kriteria yang telah ditentukan, yang terdiri dari tiga aspek, yaitu tata lingkungan kampung baik, warga kampung memiliki sifat gotong royong serta memiliki kemudahan akses untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan progam tanggung jawab sosial, demikian menurut pernyataan perusahaan.

Perencanaan pembangunan dan pengembangan Kampung Keputih Tegal Timur ini dilakukan dalam tiga tahapan. Pada 2013 – 2014 menjadi kampung yang bersih dan asri, pada 2015 –2016 menjadi pusat wisata edukatif dan pada tahun 2020 menjadi ikon kota Surabaya.

Dalam mewujudkan Kampung Berseri Astra, dukungan dari pemerintah dan masyarakat menjadi faktor penting yang menentukan keberhasilan program. Masyarakat di kampung ini dikenal berjiwa gotong royong, kreatif, pekerja keras serta memiliki motivasi untuk memperbaiki lingkungan.

Kampung Keputih Tegal Timur ini berlokasi di belakang bekas area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Keputih. Penduduknya sebagian besar berada di kelas prasejahtera dengan pekerjaan mayoritas adalah buruh harian dan ibu rumah tangga. Selain itu, kondisi lingkungan yang dekat dengan laut, suhu udara yang panas dan minimnya pasokan air bersih membuat kampung ini awalnya terlihat gersang dan kurang asri.

Walaupun demikian, di tengah segala keterbatasannya, masyarakat kampung ini tetap berupaya menjadikan wilayahnya sebagai lingkungan yang nyaman. Kekompakkan dan motivasi yang tinggi dari masyarakatlah yang membuat PT Astra International Tbk bersama Grup Astra wilayah Surabaya tertarik untuk menjadikan kampung ini sebagai salah satu Kampung Berseri Astra.

Saat ini kampung tersebut sudah berubah menjadi lingkungan yang hijau dengan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan masyarakat, seperti rumah pintar, rumah hijau, bank sampah, hingga instalasi pengolahan air bersih, kata Astra.

Kampung Keputih Tegal Timur sekarang juga memiliki kelebihan dari kampung yang lain, di bidang ekonomi, terdapat masyarakat yang memiliki bisnis (Usaha Kecil Menengah), sedangkan di bidang lingkungan kampung ini menjadi pusat pembudidayaan tanaman dan pembuatan kompos masyarakat.

Di samping itu juga merupakan pusat pelatihan bagi pengunjung yang ingin belajar bercocok tanam dan membuat pupuk kompos. Lalu kampung ini memiliki balai pertemuan warga sekaligus rumah pintar. Di tempat ini, setiap sebulan sekali juga digunakan untuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Sumber: PR