Kamus Baru: Posel Bukan Email, Gawai Bukan Gadget

Kamus Baru: Posel Bukan Email, Gawai Bukan Gadget
Ilustrasi belajar Bahasa Indonesia ( Foto: Istimewa )
Heru Andriyanto / HA Kamis, 30 Maret 2017 | 19:48 WIB

Jakarta - Tahukan Anda bentuk baku untuk sembahyang umat muslim adalah salat dan bukan sholat? Itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) IV yang dirilis Juli tahun lalu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Banyak kata yang kita gunakan sehari-hari dalam percakapan atau tulisan ternyata salah menurut KBBI. Misalnya: praktek, resiko, dan hektar; yang benar adalah praktik, risiko, dan hektare.

Selain banyak kata yang ternyata tidak seperti yang umum kita baca atau dengar, edisi terbaru KBBI ini cukup banyak menyerap dan memberikan padanan kata dalam bahasa teknologi, khususnya teknologi informasi (TI) yang kerap digunakan sehari-hari.

Sejumlah media massa nasional sudah mulai membiasakan diri menggunakan padanan tersebut, namun rupanya banyak pembaca yang justru bingung atau tidak paham maksudnya karena mereka lebih akrab dengan kata aslinya dalam bahasa asing seperti email, link, download, dan sebagainya.

Berikut sejumlah padanan dalam KBBI IV dari kata-kata asing dalam bahasa teknologi yang sering digunakan sehari-hari:

- Posel: singkatan dari pos elektronik; adalah pengganti email, atau electronic mail.

- Gawai: peranti elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis; adalah padanan gadget.

- Pranala/hipertaut: hubungan antara elemen kata, simbol, gambar dan sebagainya dalam dokumen hiperteks dengan dokumen hiperteks yang sama atau berbeda; atau hyperlink dalam Bahasa Inggris.

- Situs Web: program komputer yang menjalankan peladen yang menyediakan akses kepada beberapa laman; atau website.

- Peladen: memang bisa bermakna pelayan, namun dalam bahasa TI punya makna sebagai komputer dalam jejaring yang berfungsi sebagai penyedia layanan ke komputer lain; atau server.

- Daring: akronim dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya; atau online.

- Luring: akronim luar jaringan, terputus dari jejaring komputer; atau offline.

- Swafoto: potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera digital, biasanya untuk diunggah ke media sosial; atau selfie.

- Pelantang: alat untuk melantangkan suara; atau speaker.

Kelebihan KBBI IV adalah sistem interaksi dengan pengguna, yang bisa mengusulkan padanan atau serapan kata baru setelah menjadi anggota. Caranya cukup dengan mendaftar ke situs web https://kbbi.kemdikbud.go.id dengan memasukkan posel Anda.



Sumber: BeritaSatu.com