Perhatikan Hal Ini Sebelum Berutang ke Kredit Online

Perhatikan Hal Ini Sebelum Berutang ke Kredit Online
Peluncuran produk Pinjaman Tunai Kredivo, di Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Herman )
Herman / FMB Selasa, 4 Desember 2018 | 19:59 WIB

Jakarta - Menjamurnya industri financial technology (fintech) telah memberi kemudahan bagi kaum milenial untuk mendapatkan pinjaman tunai. Namun, masih banyak juga yang ragu mengakses layanan pinjaman tunai karena dianggap penuh risiko, seperti tidak mampu mengembalikan pinjaman tersebut.

Menurut Financial Planner Imelda Tarigan, asalkan uang pinjaman tersebut digunakan untuk hal-hal yang produktif, misalkan dipakai untuk modal usaha atau mendukung produktivitas kerja, memanfaatkan layanan pinjaman tunai yang banyak dihadikan perusahaan fintech sebetulnya bisa menjadi solusi terbaik. Apalagi selama ini banyak dari mereka yang kesulitan mengakses kartu kredit dari bank.

"Sebelum berutang, harus yakin dulu kalau ke depannya kita bisa bayar. Yang kedua, utang ini merupakan tanggung jawab, jadi harus bisa menghasilkan sesuatu yang lebih besar lagi. Intinya harus digunakan untuk hal-hal yang produktif, bukan untuk sesuatu yang konsumtif," kata Imelda Tarigan, di sela acara peluncuran Pinjaman Tunai Kredivo, di Jakarta, Selasa (4/12).

Namun, Imelda mengingatkan untuk tidak asal memilih perusahaan fintech. Pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mencegah terjadinya masalah baru yang bisa timbul di kemudian hari.

"Kita juga perlu memilih fintech yang bisa memberikan bunga rendah. Hindari yang mengenakan bunga tinggi karena justru malah akan membebani kita di kemudian hari. Perlu diingat bahwa utang bukanlah aset kita, jadi harus dikembalikan," pesan Imelda.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE