Adventorial

BPK Hadiri Pertemuan ke-11 Intosai di Filipina

BPK Hadiri Pertemuan ke-11 Intosai di Filipina
Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Moermahadi Soerja Djanegara melaporkan hasil penelitian mengenai "auditing emergency preparedness" di pertemuan Intosai. ( Foto: Istimewa )
Rully Satriadi / RSAT Jumat, 14 Juni 2019 | 16:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Moermahadi Soerja Djanegara didampingi Auditor Utama Keuangan Negara III Blucer W. Rajagukguk, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional Juska Meidy Enyke Sjam dan Tim Penyusun Paper Proyek Penelitian Auditing Emergency Preparedness menghadiri pertemuan ke-11 International Organization of Supreme Audit Institutions (Intosai) Steering Committee of Knowledge Sharing and Knowledge Services (KSC), di Clark, Pampanga, Filipina, 12-14 Juni 2019.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Kamis (13/6/2019) disebutkan pertemuan ini bertujuan melaporkan dan mendiskusikan pencapaian dari para kelompok kerja (working group), cross cutting issues untuk tema research project selanjutnya, penggunaan anggaran KSC, serta KSC work plan 2020-2022.

Pertemuan yang dibuka oleh Commissioner of the Commission on Audit of Republic of Philippines, Jose A Fabia ini dihadiri 34 peserta dari 10 Supreme Audit Institution (SAI) beserta tiga perwakilan organisasi Intosai (IDI, Sekretariat Intosai dan Intosai Journal).

Hadir juga SAI Malaysia sebagai new observer yang juga menjadi anggota Working Group on IT Audit, Working Group on Fight Against Corruption and Money Laundering dan Working Group on Environmental Auditing.

Dalam sambutannya, Fabia menekankan pentingnya pertemuan ini karena KSC memiliki peran besar dalam pengembangan audit dan peningkatan kapasitas auditor para SAI. Menurut Fabia, peningkatan kapasitas audit dilakukan oleh kelompok kerja dalam berbagai bidang, seperti procurement audit, environmental audit, extractive industries, big data, dan emergency preparedness audit.


Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara berfoto bersama peserta pertemuan ke-11 Intosai Steering Committee of Knowledge Sharing and Knowledge Services.

Ketua KSC, Rajiv Mehrishi, selaku Comptroller and Auditor General of India mengucapkan terima kasih kepada SAI Filipina yang telah menjadi tuan rumah pertemuan dan menyebutkan pentingnya pertemuan ini sebagai milestone untuk mempersiapkan pelaporan KSC pada International Congress of Supreme Audit Institutions (Incosai) 2019 serta Intosai Governing Board Meeting 2020.

BPK sebagai project leader melaporkan hasil penelitian mengenai auditing emergency preparedness. Di hari kedua pertemuan, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara sebagai ketua Intosai WGEA, melaporkan perkembangan dan pencapaian work plan 2017-2019 Intosai WGEA. Kedua laporan tersebut diterima dengan baik oleh KSC.



Sumber: BeritaSatu.com