10 Minuman Kopi Terlezat di Dunia

10 Minuman Kopi Terlezat di Dunia
Ilustrasi kopi. ( Foto: AFP )
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 2 Mei 2013 | 08:36 WIB

Budaya minum kopi di setiap negara tentunya berbeda-beda. Sementara di belahan negara lain, minum kopi mungkin menyiratkan sesuatu yang lebih memasyarakat dan bisa jadi arena sempurna untuk bersosialisasi.

Sebagai pecinta minuman kopi, Anda harus mengenali sejumlah jenis minuman kopi yang menjadi favorit untuk dinikmati kalangan pecinta kopi di dunia seperti dilansir laman times of india.

Americano
Kopi ini memiliki sejarah yang unik bagi orang yang mecicipinya. Menurut banyak orang, saat mengkonsumsi kopi Americano, seperti ada sensasi perasaan bisa menghina rakyat Amerika yang tidak memiliki tradisi kopi.

Espresso
Kopi espresso merupakan minuman kopi yang paling diminati oleh sebagian besar penikmat kopi di seluruh dunia. Padahal, jika dilihat dari bentuknya tampilan kopi ini sangat biasa saja karena cuma kopi hitam biasa.

Black Coffee
Minuman kopi ini hampir sama dengan kopi espresso, namun lebih nikmat jika disajikan dengan tambahan susu segar. Masyarakat Perancis merupakan konsumen utama minuman jenis ini sebagai pembuka hari.

Caffe Latte
Kopi jenis ini baiknya disajikan dengan air panas dengan penambahan susu. Takaran yang pasnya, kira-kira 3 banding 1. Namun harus diperhatikan pula tingkat kepanasan air yang digunakan untuk membuat minuman kopi jenis ini.

Cafe au Lait
Minuman ini bentuknya hampir sama seperti caffe latte, namun yang membedakan nya adalah kopi ini dibuat dengan menggunakan bahan kopi biasa. Untuk perbandingannya, lebih kurang sama sehingga rasa kopi ini lebih sedikit soft dibanding cafe latte.

Cappuccino
Kopi jenis ini merupakan varian yang paling banyak digemari oleh masyarakat penggemar kopi di seluruh dunia. Selain cita rasanya yang pas di lidah, aroma yang dimilikinya juga dapat menggugah selera. Minuman sering disajikan dalam bentuk panas atau dingin.

Cafe Macchiato
Kopi satu ini sama enaknya dengan kopi cappuccino, tetapi jenis kopi ini lebih banyak perbandingan kopi ketimbang susu. Alhasil, cita rasa kopinya lebih tajam.

Cafe Mocha
Jenis kopi yang paling digemari kaum hawa karena rasa mocha yang begitu kuat saat diminum. Dalam pembuatannya, perpaduan kopi capuccino dan kopi latte lalu diberi sirup cokelat hingga menghasilkan rasa yang unik namun memiliki kelezatan yang berbeda.

Frappe
Kopi frappe memang identik disajikan dengan penambahan es batu, juga gula sebanyak dua sendok teh. Dengan takaran ini, kopi menjadi sangat nikmat. Sering kali minuman ini ditempatkan di gelas panjang dan diolah menjadi shake kopi sehingga variasinya bertambah banyak.

Madras
Dalam bahasa India, kopi ini terkenal dengan nama Kopi saring. Minuman jenis ini hanya ada di India. Untuk bahannya, minuman ini terbuat dari dari tanah kasar dan dipanggang bersama kopi arabika serta kacang peaberry. Untuk membuatnya, tergolong cukup lama karena harus diseduh beberapa jam agar bahan-bahannya menyatu menjadi kopi nikmat.

Sumber: Times of India