Bika Talubi, Kue Bika Kekinian Khas Bogor

Bika Talubi, Kue Bika Kekinian Khas Bogor
Bika Talubi terbuat dari Talas dan Ubi yang merupakan hasil bumi khas Bogor. ( Foto: Istimewa )
Indah Handayani / FER Selasa, 18 Desember 2018 | 21:15 WIB

Jakarta - Kue Bika biasanya di identikan dengan Bika Ambon berasal dari Medan. Namun, saat ini Bogor pun memiliki kue bika kekinian, yaitu Bika Talubi terbuat dari Talas dan Ubi yang merupakan hasil bumi khas Bogor.

Public relation Bika Bogor, Ellen Sunaryo, mengatakan, pertama kali Bika Bogor Talubi dibuat karena melihat hasil panen Talas dan Ubi yang melimpah di kota Bogor. Melihat hal itu, pihaknya pun memanfaatkan hasil panen tersebut menjadi oleh oleh khas Bogor yaitu Bika Bogor Talubi.

"Untuk itu, kami menggunakan nama Talubi Karena bahan yang kami gunakan terbuat dari Talas dan Ubi," ungkap Ellen, Selasa (18/12).

  Bika Talubi terbuat dari Talas dan Ubi yang merupakan hasil bumi khas Bogor.

Menurut Ellen, Bika Bogor Talubi berbeda dengan Bika yang biasa dikenal Bika Ambon dari Medan, Sumatera Utara. Bika Ambon pada umumnya terbuat dari daun jeruk, serbuk kunyit, serei dan biasanya full tepung. Sehingga Bika Ambon mempunyai aroma dan rasa yang khas. Tapi ada pula yang tidak menyukai Bika Ambon. Oleh karena itu Bika Bogor Talubi hadir dengan ciri khas berbeda tidak menggunakan bahan tersebut, melainkan berbahan dasar talas dan ubi.

"Sehingga Bika Bogor Talubi mempunyai tekstur yang lembut saat dikonsumsi dan tidak membuat enek bila dimakan jumlah banyak," jelasnya.

Selain itu, lanjut Ellen, Bika Bogor Talubi tidak menggunakan bahan pengawet jadi hanya bertahan 4 hari dari masa produksi. Bika Bogor ini menghadirkan empat varian rasa yaitu Bika Bogor Talas, Bika Bogor Ubi Madu, Bika Bogor Cocopandan, dan Bika Bogor Nangka. Tidak hanya Bogor Talubi, Bika Bogor juga hadir dengan berbagai inovasi yang kreatif.

Ada pula Lapis Talubi Original, Lapis Talubi Cokelat, Lapis Talubi Green Tea, Brownies Kukus Talas, New York Style Banana Cheese Cake, Pillsbury Banana Cake, Boston Brownie Brownies Ketan Kitam Talas dan oleh oleh khas Bogor lainnya.

"Seiring dengan berjalannnya waktu, pihaknya pun terus berinovasi dengan menciptakan kreasi varian baru yang sesuai dengan selera pasar dan menjadi ciri khas oleh-oleh khas Bogor," tutup Ellen.



Sumber: Investor Daily
CLOSE