Kunci Sukses Tanamera Coffee Raih Penghargaan Internasional

Kunci Sukses Tanamera Coffee Raih Penghargaan Internasional
Tanamera Coffee. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Indah Handayani / FER Selasa, 29 Januari 2019 | 21:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tanamera Coffee tercatat telah menerima 44 penghargaan internasional dari International Coffee Award sejak tahun 2015. Bahkan, pada tahun 2015 dan 2016 ,Tanamera Coffee juga menjadi Champion International Roaster dalam Melbourne International Coffee Expo. Prestasi ini menjadikan Tanamera Coffe sebagai kedai kopi di Indonesia yang paling banyak mendapat penghargaan internasional.

Founder Tanamera Coffee, Dini Aryani Criddle, menjelaskan, pencapaian itu menjadi apresiasi Tanamera Coffee, yang memang dalam proses mencari biji kopi (green bean) berkualitas di pelosok Indonesia tidak mudah dilakukan. Kerja keras dan kerja sama dengan petani menjadi kunci sukses Tanamera Coffee dalam menciptakan varian kopi nusantara berkualitas.

"Pengawasan dari hulu hingga hilir menjadi hal yang wajib, agar biji kopi yang dihasilkan memang benar-benar yang terbaik. Master Roaster kami, John Lee, selalu berkeliling ke berbagai daerah penghasil kopi di Indonesia untuk menemukan potensi biji kopi terbaik," ungkap Dini, dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Selasa (29/1).

Menurut Dini, master roaster pihaknya juga selalu memberi arahan dan edukasi terhadap petani sebagai mitra di daerah. Pasalnya, perlu adanya motivasi dari para petani kopi itu sendiri untuk meningkatkan kualitas kopinya. Desa Manikliyu, Kintamani, Bali, menjadi lokasi proses biji kopi yang diperoleh dari beberapa petani di lokasi setempat.

"Di Manikliyu, kami membina serta mengedukasi para petani untuk menaikkan kuantitas produksi, dengan tetap mengutamakan terjaganya kualitas," jelas Dini.

Untuk memperkenalkan kekayaan kopi Indonesia yang unik ke pasar internasional, lanjut Dini, pihaknya berekspansi ke pasar Asia, dengan Singapura dan Malaysia menjadi tujuan perdana.

"Karena memang negara kita memiliki perbedaan tanah dari Sabang sampai Merauke, yang membuat kopi kita lebih berkarakter dibanding negara lain," tutup Dini.



Sumber: BeritaSatu.com