Memulai Gaya Hidup Sehat Bebas Gluten

Memulai Gaya Hidup Sehat Bebas Gluten
Fruit Pastry Cake ( Foto: Istimewa / Istimewa )
F Rio Winto / RW Senin, 11 Februari 2019 | 22:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Hidup sehat adalah sebuah pilihan. Untuk dapat menjalani hidup yang berkualitas dibutuhkan tubuh sehat dan ditunjang dengan kebiasaan yang baik.

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui H2 Health and Happiness berusaha menjawab masalah masyarakat terkait dengan solusi gaya hidup sehat dan pola makan yang baik.

“Kalbe melalui produk H2 Health and Happiness terus berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, salah satunya melalui serangkaian produk H2 Food,” ujar Eveline, selaku Brand Executive di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Kalbe, kata Eveline, berusaha mencegah penyakit degeneratif melalui bahan pangan berbahan dasar alami bernutrisi.

"Selain itu melalui tema Baking without Gluten, kami ingin mengedukasi masyarakat seputar gluten dan dampaknya bagi mereka yang memiliki masalah (terutama pencernaan) terkait gluten. Memilih dan menggunakan bahan pangan alami bebas gluten merupakan alternatif solusi bagi mereka yang memiliki masalah tersebut. Melalui baking demo ini, kami mengajak masyarakat untuk mematahkan mitos menjalankan gaya hidup sehat itu susah dan makanan sehat itu tidak enak,” lanjut Eveline.

Gluten adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma dan juga tepung yang dibuat darinya. Tepung roti banyak mengandung gluten, sementara tepung kue lebih sedikit.

Karena itu, Kalbe melmberikan solusi berupa produk H2 Food di antaranya H2 Biji Chia, H2 Kakao Instan, H2 Gula Kelapa, H2 Tepung Kelapa dan H2 Genetron Tepung. Dalam kesempatan itu juga dilakukan baking demo yang berkolaborasi dengan toko bahan kue Arvian dan Chef Liza selaku pemilik Megumi Kitchen di Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Resep-resep yang didemokan di antaranya Choconut Fruit Cookies, Fruit Pastry Cake, dan Chia Seed Pudding. Ketiga resep tersebut merupakan resep bebas gluten yang sudah dibuat menggunakan alternatif bahan lain yang lebih menyehatkan, salah satunya produk H2 Food.

Dalam dunia baking, kata Chef Liza, banyak orang sudah terbiasa dan menjadi sangat bergantung dengan gluten karena proses pengolahannya yang mudah. Namun, bagaimana dengan mereka yang memiliki masalah terkait gluten, seperti misalnya anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) yang tidak bisa mengonsumsi gluten?

Hal itu menjadi penting bagi mereka, terutama dalam pemilihan makanan bebas gluten. Sebagai alternatif solusi, bahan pangan yang mengandung gluten tersebut dapat digantikan dengan bahan pangan bebas gluten lain yang lebih bernutrisi dan menyehatkan.

"Selain itu, proses pengolahan yang tepat juga menjadi penting guna menjaga kualitas nutrisi pada bahan pangan yang diolah,” lanjut Chef Liza.



CLOSE