Minuman Jahe Merah dan Kunyit Indonesia Disukai Pasar Amerika

Minuman Jahe Merah dan Kunyit Indonesia Disukai Pasar Amerika
Minuman siap saji Red Ginger dan Turmeric disukai konsumen Kanada dan Amerika Serikat ( Foto: ist / ist )
Mardiana Makmun / MAR Jumat, 21 Juni 2019 | 13:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Indonesia memiliki kekayaan keanekaragaman hayati nomor dua terbesar di dunia setelah Brazil. Diantaranya termasuk jenis tanaman obat yang dimiliki Indonesia. Salah satu tanaman obat tersebut adalah jahe merah (Zingiber officinale rubrum) dan kunyit (Curcuma longa). Selain sebagai bumbu penyedap masakan, kedua tanaman ini memiliki khasiat kesehatan bagi tubuh.

Jahe merah mengandung zat antosianin yang berwarna merah. Kandungan minyak atsiri dan fitonutriennya lebih banyak dibanding jahe putih. Jahe merah juga memiliki kandungan antioksidan, antiemetik, hingga antibakteri dan peradangan, lebih maksimal kadarnya dibanding jahe putih.
Sedangkan kunyit berkhasiat antibakteri, antiradang, mennghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, mendinginkan dan membersihkan badan. Karena siafat antiradangnya, kunyit sering dipakai sebagai ramuan obat radang lambung dan radang sendi seperti osteo artritis.
Karena memiliki khasiat kesehatan, tanaman obat jahe merah dan kunyit kerap dijadikan minuman. Paling praktis adalah mengonsumsi minuman siap saji (ready to drink), seperti yang diproduksi Mustika Ratu. Minuman jahe merah Red Ginger dan minuman perpaduan jahe merah dan kunyit Red Ginger Turmeric dari Mustika Ratu bahkan disukai pasar Amerika Serikat dan Kanada.

Perwakilan Mustika Ratu untuk wilayah Kanada dan Amerika, Julie W. mengatakan, salah satu keberhasilan ekspansi Mustika Ratu adalah distribusi produk minuman sehat Indonesia yang secara resmi masuk ke pasar pantai Barat Kanada pada November 2018 lalu melalui distributor AFOD Ltd yang berlokasi di wilayah Delta, Provinsi BC.

“Produk produk Mustika Ratu yang dikirim ke Kanada adalah minuman Kokal atau kolang kaling (palm fruit/kaong), baik original dan less sugar, serta yang terbaru adalah produk minuman sehat siap saji Red Ginger dan Red Ginger Turmeric. Mustika Ratu melalui Taman Sari Spa Heritage, yang berlokasi di Whistler, melihat peluang yang besar untuk produk-produk minuman sehat dan affordable bagi pasar domestik Kanada. Harapannya adalah menciptakan produk sehat dengan harga terjangkau, memenuhi kebutuhan konsumen, dan sesuai selera pasar wilayah Kanada dan Amerika” kata Julie W. dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Dalam waktu dekat, lanjut Julie, Mustika Ratu segera memasuki pasar Asia dan Eropa. Bangkitnya export Mustika Ratu ini menunjukkan bahwa produk berbasis kearifan lokal sangat diterima di dunia internasional.

Prestasi gemilang ini sangat membanggakan di tengah perang dagang yang sangat ketat dan kondisi penurunan export Indonesia saat ini. “Kita jangan terlalu khawatir atas permasalahan perang dagang, kita harus bisa melihat peluang dari perang dagang ini agar perekonomian nasional bisa tetap stabil, walaupun menimbulkan gejolak, perang dagang juga memiliki peluang mendorong ekspor dan investasi ke Amerika Serikat . Saat ini produk Mustika Ratu juga sudah memasuki pemasaran di wilayah Las vegas dan Chicago, melihat permintaan pasar yang terus meningkat tentu saja akan memperluas ke wilayah lainnya.

Keberhasilan ini tentu saja didukung oleh produk-produk mustika ratu yang telah terbukti secara empiris dan juga klinis sangat bermanfaat untuk kesehatan. Trend back to nature saat ini membuat produk-produk Mustika Ratu sangat relevan dan diminati di Canada dan USA. Apalagi Brand Mustika Ratu bertahun-tahun selalu berhasil mendapatkan penghargaan Top Brand Awards dan Indonesia Best Brand menunjukkan potensi yang kuat bagi Mustika Ratu untuk merambah pasar dunia.