Jaga Kualitas, Bolu Botani Gandeng Petani Lokal

Jaga Kualitas, Bolu Botani Gandeng Petani Lokal
General Manager Bolu Botani, Yudha Pratama. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 6 Agustus 2019 | 22:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Produsen bolu kukus asal kota Bogor, Bolu Botani, menggandeng petani lokal sebagai pemasok utama kebutuhan bahan baku.

General Manager Bolu Botani, Yudha Pratama, mengatakan, bahan baku yang digunakan untuk memproduksi bolu kukus, mendapat pasokan dari kalangan petani di wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng).

"100 persen bahan baku yang kami gunakan dipasok oleh petani lokal. Adapun bahan baku utama yang digunakan yaitu talas dan ketan,” ujar Yudha Pratama kepada Beritasatu.com, Selasa, (6/8/2019).

Menurut Yudha, kebijakan untuk menggunakan bahan baku lokal dilakukan untuk menjaga kualitas rasa dari olahan bolu kukus yang mempunyai cita rasa nusantara. Pasalnya, dalam satu hari Bolu Botani dapat menjual 5.000 boks di setiap wilayah.

"Untuk penjualan kurang lebih 5.000 boks sehari yang meliputi wilayah Jabodetabek dan beberapa provinsi lainnya. Kita juga sedang mewacanakan bisa mengekspor produk, karena ada beberapa pilihan rasa yang telah disiapkan," tambah Yudha.

Menyoal metode penjualan, Yudha mengatakan, hingga saat ini Bolu Botani telah memiliki ratusan mitra yang tersebar di beberapa wilayah nusantara. Terlebih, untuk menjadi mitra, tidak harus mengeluarkan modal yang cukup besar.

"Kita menerapkan sistem dengan kemitraan. Dari mitra tersebut, untuk modal awal range-nya sekitar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Untuk di bawah itu juga bisa. Kalau dulu, awal kita berdiri modalnya juga besar. Namun income ke depannya juga bagus. Bisa mencapai ratusan juta,” tandas Yudha.



Sumber: BeritaSatu.com