Tips Cerdas Menjaga Kualitas Terigu

Tips Cerdas Menjaga Kualitas Terigu
Lock&Lock Cooking Class bersama dengan suporter mereka di Bungasari Innovation Center, Sabtu (14/9/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Indah Handayani / FER Minggu, 15 September 2019 | 19:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Terigu merupakan bahan yang paling penting dalam sebagian besar pembuatan kue, roti, dan mie. Namun, apabila tidak disimpan dengan cara yang baik akan membuat kualitas terigu menurun dan akan mempengaruhi rasa.

Chef Latief dari Bungasari Innovation Center menjelaskan, tepung terigu dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, tepung terigu protein tinggi yang cocok untuk membuat makanan olahan seperti roti manis, roti tawar, pizza, dan pastry. Sedangkan ketegori kedua adalah terigu protein sesang yang diperuntukan membuat martabak, pancake, doriyaki, aneka gorengan dan jajanan pasar.

"Terakhir tepung terigu rendah protein yang diperuntukan membuat cake, cookies, dan aneka gorengan," ungkap chef Latief di sela Lock&Lock Cooking Class di Bungasari Innovation Center, Sabtu (14/9).

Chef Latief menambahkan, seluruh tepung terigu harus disimpan dengan baik agar kualitasnya tetap terjaga. "Terigu yang telah mengalami penurunan kualitas akan menunjukan ciri-ciri seperti menghadirkan bau yang tidak segar, tekstur agak menggumpal, dan banyak kutu di dalamnya," jelasnya.

Oleh karena itu, chef Latif pun berbagi beberapa tip untuk menyimpang tepung terigu agar tetap terjaga kualitasnya. Pertama, simpan dalam ruangan yang mempunyai ventilasi udara dan rutin dibersihkan. Kedua, simpan di tempat yang sejuk. Ketiga, apstikan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Keempat, jauhkan dari benda-benda yang berbau tajam.

"Terakhir tidak langsung bersentuhan dengan lantai, baik tanah ataupun semen. Sebaiknya, gunakan palet plastik atau kayu untuk alas penyimpanan tepung terigu," jelasnya.

Public Relations Department PT Lock&Lock Indonesia, Artini Asputri menambahkan, dalam penyimpanan tepung juga membutuhkan tempat yang kedap udara. Hal itu akan menjaga kesegaran tepung dan juga membuat lebih tahan lama. Alhasil kualitas tepung pun tetap terjaga sehingga menghasilkan kue, cake, dan roti yang enak dan citarasa terjaga.

"Untuk itu, Lock&Lock menawarkan tempat penyimpanan yang berkapasitas satu kilogram yang cocok untuk memyimpan tepung. Dengan menyimpan di wadah kedap udara akan menjaga kualitas tepung," tutupnya.



Sumber: Investor Daily