Food Explore UPH

30 Inovasi Pangan Lokal Hadir di Lippo Mall Puri

30 Inovasi Pangan Lokal Hadir di Lippo Mall Puri
Suasana ajang Food Explore 12 yang diadakan oleh mahasiwa Program Studi Teknologi Pangan Universitas Pelita Harapan di Lippo Mall Puri, Jakarta, Sabtu (02/11/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Dina Fitri Anisa / EAS Senin, 4 November 2019 | 08:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mahasiswa program studi (Prodi) Teknologi Pangan Universitas Pelita Harapan (UPH) kembali menggelar acara tahunan Food Explore yang ke-12. Mengusung tema Food Security: Diverse Food Utilization, pameran yang digelar meriah di Lippo Mall Puri, Jakarta, pada 2-3 November 2019, memamerkan 30 karya inovasi pangan yang terdiri dari makanan dan minuman.

Ketua Program Studi Teknologi Pangan UPH, Donald R. Pokatong mengatakan, ketahanan pangan masih menjadi persoalan yang harus dituntaskan oleh pemerintah selama lima tahun ke depan. Dengan demikian, seluruh stakeholder memiliki peran penting dalam memajukan ketahanan pangan nasional melalui peningkatan pemanfaatan pangan lokal yang beragam dan terjamin dengan baik.

"Acara ini merupakan wadah pengembangan kreativitas dan inovasi mahasiswa di bidang pangan. Nantinya mahasiswa memiliki kemampuan untuk mencermati ilmu dan teknologi pangan, agar mampu menjadi bagian dari solusi ketahanan pangan di Indonesia. Acara ini juga merupakan bentuk kontribusi dari kampus untuk menyediakan solusi ketahanan pangan di Indonesia," ungkap Donald kepada Beritasatu.com, Sabtu (2/11/2019).

Donald menambahkan, salah satu aspek ketahanan pangan itu sendiri adalah keanekaragaman pemanfaatan pangan. Karena itu masyarakat diberikan pengetahuan mengenai kekayaan pangan lokal yang dimiliki Indonesia dan bagaimana cara pengolahannya.

"Melalui pameran harapannya masyarakat dapat melihat ide-ide inovatif dalam pengolahan pangan yang dapat dijadikan referensi bagi masyarakat, khususnya keluarga. Kami menawarkan cara mengolah makanan yang berkualitas, kaya manfaat dan kandungan gizinya," kata Donald.

Mahasiswa Food Technology UPH 2016 yang juga Ketua panitia Food Explore 2019, Raphael Dimas Tri Nugroho menjelaskan, pameran kali ini berbeda dari penyelenggaraan tahun sebelumnya. Mulai dari tema, dirinya menjelaskan bahwa kali ini mereka ingin memperkenalkan lebih luas persoalan ketahanan pangan

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini Food Explore tidak hanya diadakan di kampus UPH, tetapi juga di arena yakni Lippo Mall Puri.

Selain inovasi makanan, Food Explore juga mengadakan sejumlah kompetisi untuk siswa SMA, yakni lomba pidato dan kompetisi inovasi bersyarat yang diikuti 16 grup dari 10 SMA se-Jabodetabek, serta National Foodpreneur Competition.



Sumber: Suara Pembaruan