Tips Memilih Menu Kekinian Lebih Sehat

Tips Memilih Menu Kekinian Lebih Sehat
Menu kekinian lebih sehat hasil kolaborasi Pish & Posh Café by Bakerzin dengan Tropicana Slim di Jakarta, Rabu (13/11/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Indah Handayani )
Indah Handayani / FER Rabu, 13 November 2019 | 20:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tren menu makanan dan minuman kekinian semakin meningkat, seiring dengan banyaknya menu makanan maupun minuman yang dihasilkan oleh para food creator. Sayangnya, banyak dari menu tersebut yang malah mengandung garam, gula, dan lemak yang berlebih. Lalu bagaimanakah tips memilik menu kekinian namun tetap lebih sehat?

Kolaborasi Bakerzin dan Tropicana Slim

Baca Juga: Kesadaran Membatasi Asupan Gula Masih Rendah

Head of Nutrifood Research Center, Astri Kurniati, mengatakan hadirnya tren makanan minuman kekinian tentunya tidak bisa dihindari, apalagi untuk makan di luar rumah. Kalangan food creator semakin kreatif menyajikan makanan minuman dengan rasa dan tampilan yang menarik dan menggoda.

"Namun, seringkali menu-menu yang nikmat tersebut memiliki kandungan gula, garam, dan lemak yang tinggi dan jika dikonsumsi dalam waktu panjang, akan meningkatkan risiko obesitas dan diabetes," ujar Astri di sela peluncuran menu kekinian lebih sehat hasil kolaborasi Pish & Posh Café by Bakerzin dengan Tropicana Slim di Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Astri menambahkan ada beberapa tips untuk dapat mensiasati menu kekinian namun tetap lebih sehat. Tips pertama, mengenali diri sendiri, yaitu tentang kelemahan akan makanan manis atau gurih.

"Misalnya, seseorang lebih senang dengan minuman manis dan kelemahannya mudah tergoda bisa mensiasatinya dengan hanya boleh sesekali saja atau saat benar-benar ingin minum. Namun, jangan banyak-banyak atau pilihan ukuran yang kecil. Sebaiknya dikurangi kandungan gula atau ganti dengan yang rendah gula,” jelasnya.

Baca Juga: Literasi Gizi Masyarakat Indonesia Masih Rendah

Tips kedua, Astri menyebutkan, apabila ingin mengkonsumsi makanan kekinian, lebih baik ddilihat terlebih dahulu komposisi gizinya dan cara memasaknya. Contohnya, pilihlah karbohidrat yang tinggi serat atau sumber karbohidrat baik.

"Protein yang dipilih rendah lemak ditambah lagi dengan cara memasak lebih baik dihindari yang goreng-gorengan atau lebih baik di panggang. Jangan lupa pula melengkapinya dengan sayur dan buah," tandas Astri.

General Manager Marketing & PR Boga Group, Ellen Widodo, menambahkan kebiasaan makan di luar semakin bertambah khususnya di kalangan masyarakat yang tinggal di kota besar. Selain itu, perilaku konsumen semakin mengarah makanan sehat, terbukti dengan banyak dari mereka yang memilah makanan ataupun minuman yang lebih sehat.

"Hal itu terlihat dari data penjualan restoran yang menunjukan makanan seperti salad dan jus selalu meningkat setiap tahun. Tingkat permintaanya sangat tinggi beberapa tahun belakangan, terutama pada konsumen yang berusia 25 tahun hingga 45 tahun," jelas Ellen.

Ellen mengatakan, pihaknya menjalin kerja sama dengan Tropicana Slim menghadirkan pilihan menu eating out yang lebih sehat dan enak, yaitu Healthy Salad Bar.

"Dalam menu tersebut, pelanggan bisa bisa memadupadankan sendiri kreasi menu sehat dari opsi menu karbohidrat, protein, supplemen, dressing atau topping yang tersedia sesuai selera dan kebutuhan asupan kalori masing-masing. Ada pula varian smoothie bowl dan shaken tea yang semuanya sehat dan rendah kalori," pungkas Ellen.

 

 



Sumber: Investor Daily