Lima Pelatihan Pangan untuk Pengusaha Pemula Kuliner

Lima Pelatihan Pangan untuk Pengusaha Pemula Kuliner
Pelatihan wirausaha produksi makanan yang digagas oleh PT MagFood Inovasi Pangan, di Jakarta, Rabu 12 Februari, mengajak kaum ibu untuk selalu berinovasi. ( Foto: istimewa )
Elvira Anna Siahaan / EAS Jumat, 14 Februari 2020 | 21:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Geliat industri usaha kecil menengah (UKM) di bidang pangan semakin menjanjikan. Bahkan belum lama ini PT MagFood Inovasi Pangan menyediakan jasa pelatihan UKM khusus di bidang pangan. Sebanyak 25 orang diperkenankan untuk ikut pelatihan lengkap dengan segala macam peralatan untuk usaha dan bahan-bahan.

CEO PT Magfood Inovasi Pangan, Yanty Melianty Isa, dalam siaran pers, Jumat (14/2/2020) mengatakan, tujuan pelatihan tak lain agar para pengusaha mikro dan UKM bisa membangun fondasi setahap demi tahap menjadi besar dengan cara-cara manajemen moderen dan strategi yang tepat untuk UKM.

Pelatihan yang dilakukan di kantor PT MagFood Inovasi Pangan di kawasan Duren Tiga Jakarta Selatan itu membuka lima jenis pelatihan. Setiap bulannya ada pelatihan dengan berganti tema, antara lain wirausaha produksi snack, nugget, es krim, yoghurt, dan bakso. Pelatihan dimulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

"Kami membatasi hanya 25 orang saja dan fokus pada 80% praktek langsung, dan 20% teori pendukung untuk bisa memahami strategi usaha, perhitungan biaya produksi, pembuatan SOP (standard Operation Procedure), strategi promosi & penjualan, dan lain-lain," kata Yanty. 

Peserta yang hadir di Pelatihan UKM, dikatakan Yanty berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya Dewi yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Dewi di derah asalnya sudah menjadi pengusaha UKM dengan memproduksi kripik serta frozen food. Alasannya datang ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan dengan biaya Rp 250.000 lantaran ingin mendapatkan tambahan ilmu.

"Ilmu harus terus dicari dan dipelajari, selain itu juga link yang paling penting dicari," kata Dewi yang datang bersama temannya, Yana yang juga seorang pengusaha UKM sambal.



Sumber: BeritaSatu.com