Kecap Manis Ikut Warnai Cita Rasa Kuliner Indonesia

Kecap Manis Ikut Warnai Cita Rasa Kuliner Indonesia
Nasi Goreng Kecap menjadi pilihan kalangan ibu rumah tangga saat menjalani work from home (WFH). (Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat)
Indah Handayani / FER Selasa, 16 Juni 2020 | 22:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bagi orang Indonesia, kecap manis menjadi produk wajib yang harus ada di setiap rumah. Sebab, hampir di tiap masakan atau makanan Indonesia selalu menambahkan kecap manis. Tak heran, kecap sudah menjadi bagian penting dari makanan khas Indonesia.

Baca Juga: Bumbu Rahasia Gado-gado Ala Diana Chan

Product Manager Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special, Listyannisa Retno Lestari, mengatakan kecap manis merupakan salah satu bumbu khas yang dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti untuk cocolan, bakaran, maupun saus. Kecap manis sendiri merupakan bumbu masak yang cita rasanya tak dapat tergantikan.

"Masakan yang menggunakan kecap manis pun terus berkembang dan semakin beragam, seperti pada masakan modern hingga masakan berkonsep fusion. Sebut saja iga bakar, udang kecap madu, steak, cumi bakar kecap, daging marinade, sushi rolls fusion, dan masih banyak lagi," kata Listyannisa Retno Lestari dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Selasa (16/6/2020).

Listyannisa menambahkan, kedelai hitam berkualitas yang menjadi bahan dasar utama pembuatan kecap manis, juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. "Kedelai hitam yang kaya akan nutrisi ini, diolah melalui proses fermentasi yang menggunakan teknologi modern dan higienis sehingga menambah nilai gizi dari kecap manis tersebut," tambahnya.

Baca Juga: Nikmatnya Menu Nostalgia Rumahan Ala Meigy

Lebih lanjut, Lisyannisa menjelaskan, bumbu yang akrab dengan keseharian masyarakat Indonesia ini awalnya berasal dari dataran Tiongkok. Kecap yang konon dikenalkan oleh para pedagang Tiongkok ribuan tahun lalu ini pun berkembang dan beradaptasi dengan lidah masyarakat Indonesia yang menyukai rasa manis. "Hal ini yang menjadi cikal bakal kecap manis yang lazim dijumpai pada pasar Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, aktor Chicco Jerikho menambahkan, kecap manis merupakan bumbu wajib yang penting di hidupnya. Salah satu yang sering dicarinya adalah kecap manis kedelai hitam untuk menemani saat makan.

"Enggak cuma cita rasa masakan yang jadi semakin lezat, aroma masakan pun jadi lebih sedap. Belum lagi tampilan masakan yang makin menggugah selera, kelihatan caramelized yang otomatis bikin lapar," kata Chicco.



Sumber: BeritaSatu.com