PGI Kirim Atlet ke Kejuaraan Internasional di Myanmar

PGI Kirim Atlet ke Kejuaraan Internasional di Myanmar
Para pemain golf Indonesia berfoto bersama menjelang keberangkatan ke Myanmar untuk mengikuti SEA Amateur Golf Team Championship 2018 20-23 Desember 2018. ( Foto: Istimewa )
Alexander Madji / AMA Selasa, 18 Desember 2018 | 20:18 WIB

Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) Murdaya Po langsung menggeberak dengan mengirim pemain golf nasional ke ajang internasional, SEA Amateur Golf Team Championship 2018 yang berlangsung di City Golf Course, Nay Pyi Tuw, Myanmar, 20-23 Desember. Ini adalah kejuaraan internasional pertama sejak Murdaya Po terpilih kembali secara aklamasi pada musyawarah nasional di Surabaya 29 November lalu

Pegolf-pegolf seperti Almay Rayhan Yaqutah, M Rifky Alam Ramadhan, Seandy Alfarabi, dan Alfred Raja Sitohang akan tampil di Putra Cup yang akan diselenggarakan ke-58 kalinya di ajang tersebut. Sementara Kentaro Nanayama, Gabriel Hansel Hari, dan Dominikus Glenn Yuwono memperkuat Timnas Putra Indonesia di 12th Lion City Cup. Adapun tiga pegolf putri Ribka Vania, Marcela Pranovia, dan Nanda Winnet Soraya akan ambil bagian pada 10th Santi Cup, sedangkan Viera Permata Rosada, Aurelia Grace Nicole, dan Meva Helina Schmit di 6th Kartini Cup. Seluruh pemain ini didampingi dua pelatih asal Australia, David Millne dan Lawrie Montague serta pelatih lokal Alga Topan.

Sementara beberapa pemain papan atas Indonesia, seperti Naraajie Ramadhan Putra, Kevin Caesario Akbar, dan Jonathan Yuwono berhalangan ikut memperkuat timnas.

“Sebagian pemain sudah bergabung dengan pelatihan timnas sejak Oktober, sementara sebagian lainnya baru pertama kali tampil di event ini. Selama dua minggu terakhir ini mereka sudah berlatih bersama di pusat pelatihan timnas di Emeralda Golf. Ada tiga aspek yang menjadi fokus pelatihan kami, yaitu teknik, skill, dan mental,” kata manajer tim Timnas Golf Indonesia, Gian Perkasa di Jakarta, Selasa (18/12).

Menurut Lawrie, keikutsertaan para atlet Indonesia sangat penting, terutama bagi mereka yang baru pertama kali tampil di turnamen bergengsi ini. “Kesempatan ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri atlet-atlet Indonesia. Lawan kita juga berat terutama Thailand. Tetapi, segala sesuatu bisa terjadi di dalam pertandingan golf. Beberapa pemain baru bergabung dengan timnas, tetapi penampilan mereka cukup mengesankan dan kesempatan ini akan menjadi pengalaman bagus untuk mereka,” jelas Lawrie.

Tahun lalu, Indonesia menjadi tuan rumah SEA Amateru Golf Team Championship yang diselenggarakan di Gading Raya Padang Golf dan Club, Tangerang. Indonesia menempati peringkat ketiga kategori tim Putra Cup dan Lion City Cup. Negara-negara yang ikut berpartisipasi di ajang ini adalah Thailand, Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Hongkong.

Mengikutsertakan para atlet di berbagai turnamen internasional merupakan salah satu upaya Murdaya Po sebagai Ketua Umum PB PGI untuk mendorong prestasi atlet. “Kita harus terus mendorong para atlet agar mereka mempunyai kepercayaan diri dan keyakinan bahwa mereka mempunyai harapan untuk menang. Kita harus membantu mereka agar mereka tidak hanya bagus dalam teknik bermain, tapi juga memiliki mental juara,” kata Murdaya beberapa waktu lalu.