Popsivo Polwan Tak Terbendung, Elektrik PLN Korban Terakhir

Popsivo Polwan Tak Terbendung, Elektrik PLN Korban Terakhir
Pertandingan Proliga antara Jakarta Elektrik PLN (kiri) melawan Jakarta PGN Popsivo Polwan di Palembang, 13 Jan. 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Bernadus Wijayaka )
Bernadus Wijayaka / HA Minggu, 13 Januari 2019 | 22:22 WIB

Palembang - Tim voli putri Jakarta PGN Popsivo Polwan makin kokoh di puncak klasemen sementara Proliga setelah pada laga perdananya di putaran kedua ini memecundangi Jakarta Elektrik PLN dengan skor 3-1 (25-22, 20-25, 25-22, 25-14) di GOR PSCC Palembang, Minggu (13/1) malam.

Juara putaran pertama itu juga belum terkalahkan dari lima laga dengan mengoleksi nilai maksimal 15 poin, dan memastikan sudah lolos ke final four.

Amalia Fajrina dkk. langsung bermain menekan melalui spiker Aprilia Manganang untuk merebut set pertama.

Duel sengit terjadi di set kedua, ketika Elektrik PLN tampil gigih dengan pertahanan yang kokoh untuk mencuri set tersebut dengan skor 25-20. Sepanjang Proliga 2019, baru kali ini Popsivo kehilangan set.

Pada set ketiga yang juga cukup sengit, PGN Popsivo menunjukkan kelasnya dengan tampil lebih tenang dan percaya diri, terlihat dari bagaimana mereka mampu memenangi reli-reli panjang yang melelahkan hingga lawan membuat kesalahan sendiri.

Pada set keempat, perlawanan Elektrik PLN praktis berakhir dan mereka menyerah dengan angka telak.

“Pelajaran bagus buat para pemain kami hari ini. Tadi para pemain kami memikirkan bahwa hari ini pertandingan bakalan berjalan dengan mudah. Tapi dengan situasi seperti saat ini kita bisa belajar sistem yang harus digunakan seperti apa dan taktik serta strateginya harus bagaimana,” ujar pelatih Popsivo asal Thailand, Chamnan Dokmai usai pertandingan.

“Kalau dari pemain balik lagi, kurang konsentrasi. Kita jadi lebih buru-buru, tapi gerakannya lambat, sistem dari pelatih tidak jalan. Jadi tadi kita turun, mereka naik dan mampu menekan kita dan kita tidak bisa keluar dari tekanan itu sendiri,” tambah Kapten PGN Popsivo Amalia Fajrina.

Sementara itu, asisten pelatih Jakarta Elektrik PLN, Octavian mengatakan anak asuh Tien Mei itu sudah cukup bagus mainnya, terbukti bisa mencuri satu set dari lawan.

"Hanya saja kembali ke mental. Saat lawan berhasil menekan, kita tidak bisa kelur dari itu," ungkap Octavian

“Pertandingan hari ini berjalan lancar walaupun belum bisa ambil poin tapi kami puas dengan laga kali ini, karena anak-anak sudah tampil luar biasa. Kita tahu lawan Popsivo cukup berat, tapi kami bersyukur mereka bisa mengimbangi para seniornya yang sudah cukup berpengalaman.”

“Selama dua minggu kita melakukan persiapan dengan latihan keras, bahkan tidak ada waktu untuk istirahat, dan kita dapat lihat hasilnya sendiri hari ini sudah memberikan yang terbaik."



Sumber: Suara Pembaruan