Women’s T20 Smash Tournament 2019

Timnas Kriket Indonesia Melaju ke Semifinal

Timnas Kriket Indonesia Melaju ke Semifinal
Tim Nasional (Timnas) Kriket Putri Indonesia tampil pada laga ketiga Grup B Women’s T20 Smash Tournament 2019 saat menghadapi Bhutan. ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / JAS Senin, 14 Januari 2019 | 17:57 WIB

Bangkok - Tim Nasional (Timnas) Kriket Putri Indonesia tampil sangat sempurna pada laga ketiga Grup B Women’s T20 Smash Tournament 2019.

Bermain di Lapangan ASEAN Institute of Technology Bangkok, Thailand, Senin (14/1), Ni Wayan Sariani dan kawan-kawan menang telak Timnas Cricket Bhutan dengan skor 104/3 (20ov.) - 54/10 (16ov.)

Kemenangan yang di luar dugaan dari tim kuat daratan Asia Selatan ini sekaligus memastikan Indonesia meraih tiket ke semifinal meski masih menyisakan satu laga lagi.

"Luar bisa perjuangan timnas kriket putri Indonesia yang telah menunjukkan konsistensi dengan meraih tiga kemenangan pada babak penyisihan Grup B. Kini, target awal ke semifinal sudah aman dalam genggaman. Selanjutnya, kita akan konsentrasi untuk bisa melangkah ke final," kata Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI), Abhiram S Yadav ketika dihubungi media Senin (14/1).

Menghadapi Bhutan, Timnas Kriket Putri Indonesia yang menang toss memilih Batting terlebih dahulu. Start yang bagus dimulai duet andalan, Ni Made Winda Prastini dan Yulia Anggerini.

"Yulia mencetak 43 run serta Winda 38 run dan bermain penuh 20 over. Skor babak pertama 104 cukup untuk Indonesia mempertahankannya di babak kedua," ujar Abhiram S Yadav.

Memasuki babak kedua, para bowler Indonesia terjun cukup tajam dari awal serta menghabiskan Bhutan dengan 54 run all out di Over ke 16.

Penampilan gemilang Andriani yang mencatat 4 wicket membuat Timnas Bhutan tidak berdaya. Disusul dengan kesuksesan Putri Swandewi dan Edenyce Eduard yang masing-masing mencatat 2 wicket. Kemudian, Ni Wayan Sariani dan Kadek Fitria Rada Rani yang masing-masing mengoleksi 1 wicket.

"Penampilan anak-anak cukup sempurna. Mereka tidak terbebani dengan prestasi Timnas Bhutan yang cukup bagus. Keberhasilan ini menjadi modal menuju laga semifinal dalam upaya mengejar target srlanjutnya ke final. Makanya, kami mohon doa dan dukungan masyarakat Indonesia,” ujar Andy Cottam, pelatih Timnas Kriket Putri Indonesia.

Pada laga terakhir babak penyisihan Grup B, Selasa, 15 Januari 2019, Timnas Cricket Putri Indonesia yang sebelumnya mengalahkan Hong Kong dan Myanmar akan menghadapi tim tangguh Thailand.

Di laga ini, Timnas Thailand lebih diunggulkan karena menempati peringkat ke-12. Sedangkan Timnas Indonesia menempati peringkat ke-22 dunia.

"Laga terakhir ini akan kita jadikan bahan evaluasi untuk melihat keunggulan dan kelemahan Timnas Indonesia. Sebab, tidak tertutup kemungkinan kita akan bertemu lagi dengan Thailand di final nanti," jelas Abhiram.

Turnamen ini sendiri di ikuti oleh 10 tim dari 9 negara. Grup A terdiri dari Nepal, Uni Emirat Arab, Malaysia dan Tiongkok serta tim Junior Thailand. Sedangkan Grup B berisi Indonesia, Hong Kong, Myanmar, Bhutan dan tuan rumah Thailand.



Sumber: Suara Pembaruan