Kejurnas Balap Motor Berlangsung 5 Seri

Kejurnas Balap Motor Berlangsung 5 Seri
Konferensi pers tentang Kejuaraan nasional balap motor Oneprix Indonesia Motorprix Championship. ( Foto: Suara Pembaruan/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / CAH Kamis, 9 Mei 2019 | 08:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kejuaraan nasional balap motor Oneprix Indonesia Motorprix Championship yang ditetapkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan berlangsung lima sei atau putaran di dua sirkuit berbeda yaitu di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya Jawa Barat (tiga putaran) dan Sirkuit Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur (dua putaran).

CEO Oneprix Motorsport Management (OMM), Imam Sulisto mengatakan kejuaraan yang digelar pada Juli mendatang ini diharapkan bisa melahirkan pembalap-pembalap muda berbakat yang bisa mengangkat nama Indonesia di ajang balap internasional.

"Seri Indonesia Motorpix Championship akan berlangsung 7 Juli hingga 10 November mendatang digelar dalam lima seri, meski untuk tahap awal sepanjang tahun 2019 ini hanya digelar di dua sirkuit saja. Kejuaraan ini lebih berbeda dari ajang balapan motor lainnya karena kita juga mengedepankan sisi sportaimentnya sehingga lebih semarak,” ujarnya di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Wakil Presiden Direktur Viva Group, Ardiansyah Bakrie menyatakan kejurnas Oneprix merupakan salah satu upaya untuk mengangkat sekaligus mengembangkan olahraga lokal ke ajang tingkat nasional. Dari ajang tersebut diharapkan muncul pembalap yang bisa mengangkat nama olahraga ini baik di tingkat nasional bahkan bisa juga ke internasional.

"Kejuaraan Nasional Oneprix itu akan melombakan empat kelas utama yaitu bebek 150 cc tune up (expert), bebek 150 cc tune up (novice), bebek 150 cc standart (rookie) dan sport 150 cc (open qualification)," jelasnya.

Selain empat kelas utama itu, akan digelar juga kejuaraan kelas pendukung atau komunitas seperti sport 150c open, RX King 140cc super class-super pro (open), bebek underbone 125 cc engine mix (open) dan matic 150cc tune up (open).

Oneprix Motorsport Manajemen melihat banyaknya pembalap motor di Indonesia yang memiliki potensi dan bakat untuk menjadi joki kuda besi dunia. Dengan visi meningkatkan kualitas pembalap Indonesia, kejuaraan itu diharapkan menjadi platform untuk berkarir secara jangka panjang didunia balap motor.

Ketua Umum IMI, Sadikin Aksa mengatakan kejurnas ini akan diikuti oleh para pebalap yang memiliki peringkat terbaik dari Kejuaraan Regional tahun ini dan tahun sebelumnya. Ini merupakan langkah awal dari salah satu program kerja IMI. Langkah awal tersebut dalam hal meningkatkan citra positif dan mendorong peningkatan kualitas serta kuantitas olahraga otomotif di Indonesia.

"Kami harap pembalap-pembalap yang lahir dari Oneprix ini nantinya tak hanya bisa berprestasi di tingkat nasional namun juga di tingkat internasional," ujar dia.

Menurut nya event ini merupakan jenjang dari kejuaraan regional sebelum para pembalap menuju tingkat balapan sport serta Asia dan internasional pada masa mendatang, dan diharapkan menjadi pembalap yang nantinya dapat meraih hasil terbaik di tingkat dunia. 



Sumber: Suara Pembaruan