PP Perpani Tingkatkan Intensitas Latihan

PP Perpani Tingkatkan Intensitas Latihan
Riau Ega berhasil mengalahkan Kim Woo-Jin pemanah nomor satu dunia asal Korea Selatan. ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / CAH Rabu, 15 Mei 2019 | 09:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menjelang kejuaraan dunia panahan, SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020, Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) mulai meningkatkan intensitas latihan bagi para atlet-atletnya, bahkan hingga menggunakan 500-700 anak panah per hari.

Kabid Binpres PP Perpani, Taufan Tri Anggoro mengatakan hal ini guna melatih daya tahan saat menghadapi pertandingan sesungguhnya yang menggunakan 72 dan 75 anak panah. Ajang terdekat adalah kejuaraan dunia panah di Belanda, 10-16 Juni mendatang yang menjadi ajang kualifikasi Olimpiade 2020 Jepang. Maka para atlet terus digenjot di sesi latihan rutin yang digelar di Markas Batalyon Kavaleri VII di Cijantung, Jakarta Timur.

"Latihan rutin ini lebih ke arah penguatan mentalitas yang dilakukan secara lebih intensif agar bisa bersaing di kompetisi level internasional. Walaupun puasa, tingkatannya tetap sama. Sebanyak 16 atlet panahan akan dikirim ke kejuaraan dunia di Belanda, termasuk Diananda Choirunisa dan Riau Ega Agatha," ungkapnya ketika dihubungi Selasa (14/5/2019).

Menurutnya, dalam kejuaraan dunia di Belanda jika tim beregu berhasil masuk delapan besar dan tim perorangan masuk empat besar, maka mereka otomatis meraih tiket ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Namun jika gagal, para atlet harus berjuang mengikut kejuaraan dunia lain agar bisa mengantongi tiket Olimpiade.

Manajer panahan Pelatnas SEA Games 2019 menjelaskan para atlet tersebut nantinya akan bertarung untuk nomor perorangan, beregu dan campuran yang sekaligus untuk persiapan menjelang SEA Games 2019 di Manila, Filipina, akhir tahun ini.

Untuk SEA Games 2019 ini, sebanyak 40 pemain sudah mulai mengikuti seleksi dan hanya 16 pemain yang akan dibawa untuk memperkuat tim Merah Putih dalam ajang dua tahunan. Pemusatan latihan itu sendiri dimulai dengan seleksi nasional yang diikuti berbagai atlet terbaik dari beberapa wilayah.

"Pelatnas telah dimulai dan yang mengikuti pun dari wajah-wajah baru dan wajah lama. Memang sebagian besar masih sama, cuma banyak wajah baru kali ini. 40 atlet yang mengikuti ajang seleksi nasional akan dipilih sebanyak 24 atlet. Kemudian, minggu ini kita mengambil 16 pemain yang akan dibawa untuk memperkuat timnas Indonesia di ajang SEA Games 2019 nantinya," ungkap dia.



Sumber: Suara Pembaruan