Indonesia Bidik Juara Umum ASG

Indonesia Bidik Juara Umum ASG
Menpora Imam Nahrowi. ( Foto: SP/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / AMA Jumat, 21 Juni 2019 | 11:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia membidik juara umum ajang ASEAN School Games (ASG) 2019 yang berlangsung di Semarang, 17-25 Juli 2019. Dari sembilan cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, empat di antaranya diharapkan menjadi lumbung emas bagi Indonesia. Keempat cabor tersebut ialah atletik, renang, pencak silat, dan bulutangkis.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Jakarta, Kamis (20/6/2019) mengatakan, ASG tahun lalu yang digelar di Selangor, Malaysia, Indonesia sebenarnya sukses memenuhi target medali yang ditetapkan oleh Kempora yaitu 26 medali emas. Namun hasil tersebut belum mampu menggoyang posisi tuan rumah sebagai pengumpul medali emas terbanyak.

Saat itu, Indonesia mengoleksi 31 emas, 36 perak, dan 31, sedangkan Malaysia yang menjadi juara umum setelah meraup 37 emas, 34 perak, dan 31 perunggu.

“Sebagai tuan rumah tentu atlet Indonesia akan mendapat dukungan penuh penonton sehingga wajar bila menargetkan juara umum. Dengan dukungan penonton, tentu semangat atlet akan semakin berkobar dan saya yakin kontingen Indonesia bisa memperbaiki posisi sebagai juara, “ kata Imam Rahrawi.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana ASG 2019 Washinton Galingging, pesta olahraga pelajar itu akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga, yaitu atletik, basket, tenis meja, bola voli, tenis, sepak takraw, renang, bulutangkis, dan pencak silat. Rencananya, acara pembukaan akan dipusatkan di Stadion Jatidiri Semarang, sementara penutupan di kompleks Candi Borobudur, Magelang.



Sumber: Suara Pembaruan