2.000 Pelari Ikuti Paperun Charity Fun Run 2019

2.000 Pelari Ikuti Paperun Charity Fun Run 2019
Peserta antusias mengikuti Paperun Charity Fun Run 5k 2019 d kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu, 23 Juni 2019. ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Minggu, 23 Juni 2019 | 15:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lebih dari 2.000 masyarakat ambil bagian di ajang lari Paperun Charity Fun Run 5k 2019 d kawasan Thamrin,  Jakarta, Minggu (23/6/2019). Jumlah peserta ajang lari yang mengusung misi sosial untuk mengajak masyarakat peduli terhadap literasi ini meningkat 60 persen dari edisi pertama tahun 2017. 

Direktur Asia Pulp & Paper Sinar Mas Suhendra Wiriadinata menyatakan bangga melihat adanya peningkatan jumlah peserta  yang antusias bergotong royong meningkatkan tingkat literasi di tanah air.

“Seluruh biaya pendaftaran dari ajang ini akan didonasikan dalam bentuk buku ke 68 rumah baca, khususnya di empat daerah pascabencana – Nusa Tenggara Barat, Banten, Lampung, dan Sulawesi Tenggara,” ungkap Suhendra.

Sementara itu Managing Director Sinar Mas Saleh Husin menambahkan, Paperun menjadi ajang yang baik bagi keluarga besar Sinar Mas dan masyarakat luas untuk salingbersilaturahmi, sekaligus menjalankan aktivitas sosial yakni memperkuat literasi di Indonesia dengan memperkaya ragam dan jumlah koleksi bahan bacaan di rumah baca atau perpustakaan.

Figur publik sekaligus penulis dan praktisi pendidikan Susan Bachtiar mengapresiasi misi Paperun 2019. “Sebagai guru, saya sangat memahami bahwa budaya membaca buku di Indonesia masih rendah. Bukan karena tidak tertarik membaca, tetapi memang buku-buku edukatif berkualitas di daerah-daerah masih sangat terbatas. Padahal membaca adalah jendela dunia yang bisa memberikan pengaruh besar terhadap hidup seseorang,” ujar Susan.

Sementara itu Ibnu Jamil, aktor, presenter sekaligus pegiat olahraga yang turut berpartisipasi dalam Paperun 2019 menyatakan, “Lari bagi saya adalah olahraga paling mudah tapi manfaatnya banyak. Bagi saya, sehat itu adalah investasi paling nikmat dari investasi apapun. Melalui acara hari ini saya bisa sehat, berbagi keceriaan, tidak ketinggalan berkontribusi langsung
terhadap masalah literasi,” ujar Saiful.

Paperun 2019 diadakan masih dalam semangat memperingati Hari Satwa Langka dan Hari Buku Nasional yang sama-sama jatuh pada tanggal 17 Mei. APP Sinar Mas melihat korelasi penting antara tingkat literasi dengan tingkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan kita. Oleh karena itu, dalam penyelenggaraannya hari ini PAPERUN 2019 juga mengingatkan
masyarakat agar peduli terhadap konservasi satwa liar, terutama tiga satwa kunci Indonesia, yakni harimau, orangutan, dan gajah.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya 30 pelari yang mengenakan kostum simbolis dari ketiga satwaini. Selain itu, tersedia pula Kids Corner instalasi interaktif yang dapat mengedukasi anak-anak tentang konservasi tiga satwa tersebut sejak dini.



Sumber: BeritaSatu.com