3.500 Pelari Tertantang Ikut Highlands Half Marathon

3.500 Pelari Tertantang Ikut Highlands Half Marathon
Sebanyak 3.000 pelari tertantang ikuti sensasi lomba lari half marathon yang ditawarkan penyelenggara yakni di tengah kesejukan Kota Sentul. ( Foto: Suara Pembaruan/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / CAH Kamis, 11 Juli 2019 | 22:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 3.000 pelari tertantang ikuti sensasi lomba lari half marathon yang ditawarkan penyelenggara yakni di tengah kesejukan Kota Sentul. Mereka akan saling berpacu di rute sepanjang 21 km di Taman Budaya, Sentul City, Bogor pada Minggu (29/9/2019) mendatang.

Lomba lari bertema “Highlands Half Marathon” memiliki konsep lari di tengah kesejukan Sentul City yang memiliki ketinggian sekitar 215 m sampai dengan 500 mdpl. Cuaca pada saat lomba diperkirakan antara 21 hingga 23 derajat celcius.

“Lomba lari ini untuk memperkenalkan Sentul City sebagai daerah perbukitan maka kami sebut Highlands Half marathon,” kata Advisor Highlands Half Marathon, Jimmy Tjahjanto di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Head Committee Highlands Half Marathon, Aida Ristany mengaku sejumlah keistimewaan pada lomba ini diwujudkan sebagai tekad dari jajaran manajemen grup Sentul City yang mendedikasikan lomba ini sebagai The New Challenge.

“Ini merupakan tantangan baru yang membangkitkan semangat kami untuk memberikan yang terbaik bagi pelari, agar mereka dapat menikmati berlari di kawasan ini secara maksimal. Di sisi lain, tantangan baru ini juga diharapkan dapat menjadi kontribusi bagi target yang lebih luas, diantaranya menjadikannya sebagai bagian dari destinasi sport tourism yang tengah dibangkitkan oleh provinsi ini," ungkap Aida.

Dengan demikian, lomba ini ditargetkan menjadi kegiatan yang berlanjut hingga tahun-tahun mendatang dan menjadi destinasi bergengsi bagi penggemar lari, untuk dapat berlari sekaligus berwisata di Sentul City yang berada di wilayah Jawa Barat.

Sejalan dengan konsep The New Challenge ini, pihaknya terus aktif melakukan aktivasi untuk mendekatkan diri dengan pelari dan komunitas lari dengan menampilkan Alan Maulana, pelari asal Bandung, Santih Gunawan, pelari asal Jakarta, dan Ridwan Idham (gadget geeks)
dalam sharing session yang akan membahas upaya meningkatkan pemahaman pelari akan performa gadget lari.

Kategori lomba terdiri atas umum dan master dengan pilihan rute 5K, 10K, dan 21K. Sedangkan untuk master dibagi dalam dua kategori yakni usia 41-50 dan 51-60 tahun.

Lomba lari ini pun bisa terbilang istimewa karena ada cut off times (COT) lebih panjang pada kategori half marathon sehingga pelari dapat menikmati Kota Sentul dari ketinggian.

“Kami menyiapkan waktu COT hingga empat jam untuk memberikan kesempatan pada pelari menikmati rute secara maksimal,” kata Race Director, Safrita Aryana.

Untuk mengikuti lomba tersebut, peserta perlu membayar Rp 350.000 untuk kategori half marathon, dan Rp250.000 untuk lomba lari 10K. Lima pemenang akan dipilih dan mendapatkan hadiah dengan total Rp150 juta.

“Ini akan menjadi challenge baru untuk lari di daerah perbukitan dan udaranya lebih sejuk daripada lari di Jakarta. Diharapkan ajang lomba ini akan terasa sangat mengakomodir para pelari, terutama pelari master atau mereka yang berusia rata-rata di atas 40 tahun, yang saat ini terus bertambah jumlahnya. Tentu saja seluruh klasifikasi tersebut dibagi menjadi kelompok male dan female," tutup Safrita



Sumber: Suara Pembaruan