2.500 Pelari Siap Adu Cepat di UGM FEBulous Run 2019

2.500 Pelari Siap Adu Cepat di UGM FEBulous Run 2019
Para pelari usai melakukan pemanasan jelang (road to) UGM FEBulous Run 2019 di car free day di Jalan Sudirman, Jakarta . ( Foto: Suara Pembaruan/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / CAH Minggu, 15 September 2019 | 21:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 2.500 pelari siap terjun pada lomba lari UGM FEBulous Run 2019 yang diinisiasi oleh Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi Gadjah Mada (Kafegama) melalui komunitas lari Kafegama Runners yang beranggotakan alumnus Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM penggemar olahraga lari. Event ini rencananya digelar pada Minggu, 22 September mendatang di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua Panitia UGM FEBulous Run 2019, Tri Rachman Batara mengatakan ajang ini memperlombakan tiga kategori yakni 2,5 km, 5 km dan yang terjauh 10 km. Ajang ini terbuka untuk umum, tidak hanya alumni dan keluarganya. Menariknya juga diikuti mantan atlet lari nasional dan ada peserta dari beberapa negara yang ikut serta.

"Ini semacam bentuk sumbangsih kami untuk lebih mengenalkan keunikan kota Yogyakarta dan kampus Universitas Gadjah Mada yang telah mengantarkan kami mencapai apa yang kami cita-citakan semasa sekolah dahulu," ujarnya di Senayan, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Ajang ini mendapat dukungan dari para alumnus dan terutama juga dari almamater serta pihak Rektorat UGM. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini direalisasikan dengan kolaborasi sejumlah sponsor yang berkomitmen untuk ini, selain juga dengan IdeaRun sebagai race management.

Terdapat banyak keistimewaan pada lomba ini, diantaranya adalah menyebarkan gaya hidup sehat kepada para pelajar dan mahasiswa dengan cara memberikan harga khusus. Di sisi lain, gelaran ini juga diharapkan dapat menjadi kontribusi bagi target yang lebih luas, diantaranya menjadikannya sebagai bagian dari destinasi sport tourism atau wisata olahraga di kota ini.

Race Director, Ahmad Syakir mengatakan start dan finis akan dilakukan di pelataran muka FEB, Kampus UGM Bulaksumur, Yogyakarta. UGM FEBulous Run 2019 bakal melintasi daerah wisata di Yogyakarta seperti Mangkubumi dan Malioboro.

"Ini menjadi Yogya City Run pertama yang digarap dengan skala besar. Kami berharap UGM FEBulous Run dapat digelar secara berkesinambungan. Kami ingin Yogyakarta menjadi tempat wisata tidak hanya budaya tapi juga ada olahraganya," jelasnya.

Pembina UGM FEBulous Run 2019, Edhie Purnawan menambahkan sebelumnya Kafegama telah menggelar lari pemanasan di beberapa daerah seperti di Jakarta, Semarang, serta Yogyakarta sendiri. Pihaknya mengambil momen car free day di beberapa daerah tersebut untuk mengumpulkan para alumni UGM sekaligus mempromosikan kepada para pecinta lari.

"Menariknya Rektor UGM, Kapolda DIY, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (alumnus UGM), Gubernur BI dan pejabat lainnya ikut meramaikan lomba lari ini. Keistimewaan lain di UGM FEBulous Run 2019, pelari akan menjumpai sejumlah kejutan di sepanjang rute, diantaranya spectators yang akan menampilkan keseruan dalam memotivasi pelari di rute. Tentu saja hal ini akan menjadi hiburan visual yang spesial bagi para pelari," jelas Edhie.

Meski baru edisi pertama UGM FEBulous Run 2019 mampu menggaet 32 perusahaan untuk menjadi sponsor antara lain BCA, BRI dan Garuda Indonesia. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, panitia pelaksana juga memberikan asuransi dari Tugu Pratama Indonesia kepada seluruh peserta.



Sumber: Suara Pembaruan