McDonald's Dukung Pembinaan dan Regenerasi Atlet Golf

McDonald's Dukung Pembinaan dan Regenerasi Atlet Golf
Penutupan McDonald’s Junior Golf Championship 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / CAH Minggu, 6 Oktober 2019 | 23:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) mendukung upaya McDonald’s Junior Golf Championship yang telah melakukan pembinaan dan regenerasi atlet lewat acara yang dilakukan secara berjenjang setiap tahunnya. Untuk 2019 ini memasuki tahun yang ke-8 yang digelar di Senayan National Golf Club (The MAJ Senayan) Jakarta, 4-6 Oktober dan didukung PB PGI.

Kejuaraan ini diadakan karena antusiasme tinggi dari para pegolf junior Indonesia untuk terus berprestasi dan menjadi pemain golf profesional kelak.

Beberapa nama lulusan McDonald’s Junior Golf Champion sebelumnya ialah Inez Beatrice, Jonathan Wijono, Rivani Adelia Sihotang saat ini sudah dikenal sebagai para pegolf yang berhasil menorehkan prestasi. Tahun ini, sebanyak 135 pegolf junior (maksimal standar lapangan), yang berasal dari 33 Klub Golf seluruh Indonesia pun telah ikut menyemarakkan ajang ini.

Ajang yang mendapat label World Ranking Amateur dari Badan Golf Dunia R&A ini pun membagi pertandingan dalam beberapa kelompok umur yang diadakan selama tiga hari. Pembagiannya sendiri dimulai dari putra kelas A (15-18 tahun), B (13-14 tahun), C (11-12 tahun) dan D (8-10 tahun), sedangkan putri kelas A (14-18 tahun), B (11-13 tahun), C (8-10 tahun).

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PGI, Ari Hidrijantoro mengungkapkan bahwa ajang ini sangat diperlukan guna meningkatkan atlet yang berkualitas (talent pool). Selain itu, dia juga mengatakan bahwa pada tahun ini, pembinaan golf sudah merambah pada usia 11 dan 12 tahun

"Kami ingin meningkatkan talent pool olahraga golf. Saat ini ketersediaan sangat sedikit dan itu pun digendong oleh beberapa pemain saja. Sekarang ada 50 pemain di National Development Program dan inilah calon pemain nasional kita. Di tahun 2019 ini, kita sudah memperluas talent pool sampai umur 11 dan 12. Kita harus dorong turnamen seperti ini dan nggak banyak yang konsisten untuk mengadakan ajang seperti ini," ungkapnya di Senayan National Golf Club, Jakarta.

Pembinaan anak di usia dini memang saat ini tengah difokuskan oleh PGI dan mereka pun membuat tiga program guna pemfokusan hal tersebut. Pelatihan, pertandingan dan monitoring system merupakan tiga program yang tengah diberlakukan oleh PGI.rangtua tidak perlu mengirim anaknya ke luar negeri dan semoga ada turnamen lain seperti ini," lanjutnya.

Sementara itu, Marketing Manager McDonald's Indonesia, Rio Hastowo mengatakan pihaknya selalu mendukung anak-anak untuk aktif dan melihat bahwa mereka bisa juga berprestasi di kancah internasional. Diakui pelaksanaan ajang ini menjadi langkah kepedulian mereka terhadap perkembangan olahraga di Indonesia khususnya golf.

"Dari tahun ke tahun, kita selalu menggelar turnamen ini. Saat ini ada 130 peserta, sebelumnya 120. Ini menunjukkan antusiasme bermain golf anak anak semakin berkembang. Dan kami juga ingin terus mempertahankannya di tahun berikutnya. Saya melihatnya bahwa dukungan terhadap olahraga ini tidak hanya peran satu pihak saja," ujar Rio. 



Sumber: Suara Pembaruan