KONI Pusat Optimistis Karate Raih Terbaik di SEA Games 2019

KONI Pusat Optimistis Karate Raih Terbaik di SEA Games 2019
Tim nasional karate Indonesia menunjukkan medali yang mereka raih pada Kejuaraan Karate Asia Tenggara (SEAKF) 2019 di Bangkok, Minggu (14/4). ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / CAH Selasa, 22 Oktober 2019 | 08:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman optimists cabang olahraga karate akan memberikan yang terbaik pada pesta olahraga SEA Games 2019 Filipina mendatang. Hal itu dikatakan saat melakukan kunjungan ke pelatnas karate di Gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Ia diterima Manajer Tim Karate SEA Games, Djafar Djantang dan memantau penampilan para atlet dalam memperagakan kesiapannya berlaga di nomor kata dan kumite putra-putri.

“Saya bangga kalian telah bekerja keras setiap hari di Pelatnas. Setiap tetes keringat yang kalian curahkan untuk Indonesia. Demi kejayaan Merah Putih di kancah olahraga,” kata Marciano saat memberikan wejangan kepada 17 atlet dan 6 ofisial.

Ia melihat para atlet sudah berada dalam kondisi puncak. Moril para atlet juga tinggi. Dengan kerja keras dan bimbingan dari pelatih dan manajer, Marciano yakin, para karateka akan memberikan yang terbaik dan kebanggaan bagi rakyat Indonesia pada pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara mendatang.

“Saya ingin kalian menjadi patriot olahraga yang bersemangat dan kerja keras untuk membela nama baik bangsa dan negara di kancah internasional. KONI Pusat bertekad melalui olahraga menempatkan Indonesia pada posisi terhormat di mata dunia. Jadi kalian bukan hanya kebanggaan keluarga atau daerah namun kebanggaan bangsa,” ucap mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu membakar semangat para karateka.

Menyinggung tentang tantangan di SEA Games nanti, Marciano menyebutkan, Malaysia dan Vietnam menjadi saingan Indonesia dalam memburu yang terbaik. Tetapi dia mengingatkan agar tetap mewaspadai negara lainnya, khususnya tuan rumah Filipina. Namun dia yakin dengan kesiapan dan tekad besar para atlet, Indonesia akan mampu mengatasi para lawan.

“Agar perjuangan nanti benar-benar maksimal maka jangan sampai masalah-masalah pribadi atlet tidak tersampaikan. Jagalah terus kesiapan fisik dan mental kalian. Keutuhan tim juga harus terjaga sebagai satu kesatuan. Selamat berjuang semoga sukses. Kibarkan Bendera Merah Putih dan kumandangkan Lagu Indonesia Raya,” tutur Marciano mengakhiri wejangannya.

Sementara itu Djafar Djantang menjelaskan, Pengurus Besar Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (PB Forki) mengirimkan 17 atlet untuk mengikutin 13 kelas. Para atlet sudah ditempa sejak Juni lalu diantaranya dengan berlatih di Jepang selama tiga pekan. Sampai waktu pemberangkatan, seluruh atlet konsentrasi mempersiapkan diri di dalam negeri.

“Kami menargetkan dua medali emas. Semoga saja bisa lebih. Emas diharapkan dipetik dari kumite meskipun nomor kata juga berpeluang,” ujar Djafar. 



Sumber: Suara Pembaruan