Rute "Tour de Singkarak" Diperpanjang Hingga ke Danau Kerinci

Rute
Pebalap Afrika Juarai Etape 6 Tour de Singkarak ( Foto: Youtube.com/BeritaSatu / BSTV )
Radesman Saragih / JEM Kamis, 31 Oktober 2019 | 07:53 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Lomba balap sepeda internasional, Tour de Singkarak, Sumatera Barat (Sumbar) yang tahun ini rutenya diperpanjang hingga ke Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi akan dimanfaatkan semaksimal mungkin mempromosikan pariwisata Jambi ke dunia internasional. Karena itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci dan Pemerintah Kota (Pemkot) Sungaipenuh berupaya menyukseskan Tour de Singkarak di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh

“Pemprov Jambi, Pemkot Sungaipenuh dan Pemkab Kerinci sudah mematangkan seluruh persiapan menyambut Tour de Singkarak awal November. Seluruh ruas jalan yang menjadi rute Tour de Singkarak di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh sudah selesai diperbaiki. Berbagai fasilitas akomodasi para peserta lomba Tour de Singkarak, termasuk penginapan sudah disiapkan,”kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Ujang Hariadi di Jambi, Rabu (30/10/2019).

Menurut Ujang Hariadi, Tour de Singkarak yang dimulai di Pariaman, Sumbar, Jumat (1/11/2019) akan berlanjut ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, pekan kedua November. Etape VII Tour de Singkarak berlangsung di Kabupaten Kerinci, Jumat (8/11/2019). Kemudian Etape VIII Tour de Singkarak berlanjut ke Kota Sungaipenuh, Sabtu (9/11/2019).

Dijelaskan, rute Etape VII Tour de Singkarak di Kabupaten Kerinci sepanjang 82,9 kilometer (Kkm) dimulai dari Telun Berasap (Kayu Aro) – Letter W dan berakhir Danau Kerinci. Sedangkan rute Etape VIII kejuaraan balap sepeda internasional tersebut dimulai dari Danau Kerinci – Tapan dan berakhir di Pesisir Selatan, Sumatera Barat dengan panjang rute 200,4 Km.

Ujang Hariadi mengatakan, untuk lebih menyemarakkan Tour de Singkarak di Kerinci dan Sungaipenuh, digelar juga Mountain Bike Cross Country (balap sepeda gunung) di Kecamatan Kayuaro, Kerinci, Jumat – Minggu (1 – 3/11/2019). Pada kesempatan yang sama juga digelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram di Sungai Pulau Sangkar Kerinci dan Kenduri Sko (pesta rakyat).

Dikatakan, perpanjangan rute Tour de Singkarak hingga ke Kerinci dan Sungaipenuh, Provinsi Jambi menjadi momentum yang tepat mempromosikan wisata daerah itu. Seluruh peserta Tour de Singkarak yang datang dari 24 negara akan lebih mengenal lebih dekat berbagai daya tarik wisata alam Kerinci dan Sungaipenuh, terutama Danau Kerinci.

“Tour de Singkarak masuk peringkat keempat balap sepeda dengan pengunjung terbanyak. Karena itu kami berharap penambahan etape Tour de Singkarak ke Kerinci dan Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Jambi. Kemudian Tour de Singkarak juga bisa menghasilkan multiplier effect (manfaat ganda), yakni manfaat ekonomi bagi masyarakat dan peningkatan kunjungan wisatawan ke Kerinci dan Sungai Penuh,”katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jambi, Johansyah mengatakan, perpanjangan rute Tour de Singkarak ke Kerinci dan Sungaipenuh, Provinsi Jambi sudah diusulkan sejak tiga tahun lalu. Tetapi baru tahun ini Tour de Singkarak menjangkai Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

“Perpanjangan rute Tour de Singkarak ke Kerinci dan Kota Sungaipenuh ini terwujud berkat kerja sama Pemprov Jambi,Pemprov Sumbar, Pemkot Sungaipenuh dan Pemkab Kerinci. Mudah-mudahan Tour de Singkarak bisa mendongkrak kunjungan wisata ke Kerinci dan Sungaipenuh,”ujarnya.

 



Sumber: Suara Pembaruan