Panitia Jamin Papua Siap Gelar PON 2020

Panitia Jamin Papua Siap Gelar PON 2020
Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX/2020 Papua Kenalkan Maskot PON terbaru. ( Foto: BeritaSatu Photo / Hendro D Situmorang )
Hendro D Situmorang / YUD Kamis, 21 November 2019 | 05:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX/2020 Papua menjamin Bumi Cenderawasih siap menggelar pesta olahraga multievent terbesar di Tanah Air itu. Alasannya, sebagian besar sarana telah siap dan April 2020 mendatang sudah terselesaikan seluruhnya.

"Kami memastikan Papua sudah siap menggelar PON yang akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin dan 679 nomor pertandingan. Kami sudah punya Stadion Papua Bangkit yang terbesar kedua di Indonesia. Paling lambat fasilitas lainnya sudah selesai April 2020 mendatang," kata Sekretaris Umum PB PON XX/2020, Elia Loupatty di TVRI Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Dia juga memastikan pelaksanaan PON XX nanti akan digelar empat cluster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Marauke. Jadi kesiapan tersebut jangan diragukan lagi untuk pelaksanaan PON nanti.

Ia menambahkan bahwa sejak dua tahun terakhir, seluruh stakeholder dan masyarakat Papua telah berbenah dengan membangun venue-venue yang akan dipertandingkan. Dari segi keamanan, pihaknya juga sudah mendapat jaminan dari seluruh personil Kodam XVII/Cendrawasih yang berkolaborasi dengan Polda Papua.

"Kita bisa pastikan PON Papua bakal berjalan dengan aman. Untuk keamanan, khususnya Kodam akan berkolaborasi dengan Polda Papua. Pangdam dan Kapolda memberikan jaminan keamanan. Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke akan aman, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran PON akan di mana," tegas Kolonel Kavaleri Donova, selaku Kajasdam XVII/Cendrawasih yang juga Bidang SDM di PB PON.

PB PON XX/2020 juga turut meluncurkan dua maskot PON XX/2020, yaitu Drawa dan Kangpho yang merepresentasikan fauna khas provinsi paling timur Indonesia tersebut. Drawa sendiri merupakan burung Cendrawasih. Sedangkan Kangpho merupakan sejenis kanguru pohon yang selama ini hanya ada di Papua.

"Hewan ini berbeda dengan Kanguru yang ada di Australia karena ini jenis Kanguru yg kerapa berada di pohon dan hanya ada di Papua," jelas John Way, selaku Ketua PB PON Bidang II.

Ia berharap dengan kedua maskot ini, masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal, tidak hanya dari segi budaya, kesenian, tapi juga satwa khas Papua. Pelaksanaan PON XII/2020 semakin menambah ciri khas ke-Indonesia setelah bekerjasama dengan TVRI sebagai media patner PON XX/2020 Papua. Stasiun televisi plat merah itu juga akan menyiarkan secara langsung upacara pembukaan, sejumlah pertandingan, hingga upacara penutupan PON XX/2020.



Sumber: Suara Pembaruan