Jokowi Targetkan Kontingen Indonesia Dua Besar SEA Games

Jokowi Targetkan Kontingen Indonesia Dua Besar SEA Games
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / WBP Rabu, 27 November 2019 | 22:06 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Kontingen Indonesia menempati peringkat dua dalam SEA Games ke-30 di Filipina. Artinya, naik tiga peringkat dari ajang olah raga kawasan ASEAN dua tahun silam.

“Di SEA Games sebelumnya, kita berada di rangking lima, sebelumnya lagi lima. Tapi saya minta di SEA Games ke-30 di Filipina tahun ini, kita harus masuk ke dua besar,” tegas Jokowi saat melepas Kontingen Indonesia di Halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11/2019).

Jokowi memahami bahwa target yang dicanangkan tersebut tidak mudah untuk diraih. Meski begitu, Jokowi optimistis dengan kemampuan para atlet Indonesia, meraih mendali emas sebanyak-banyaknya. Jokowi melihat adanya semangat yang tampak dari setiap atlet.

“Hati-hati bukan rangking (dua besar) yang mudah diraih. Tapi saya melihat dari wajah, dari wajah, dari wajah saudara-saudara, memperlihatkan semangat yang tinggi yang kita harapkan apa yang tadi saya sampaikan betul-betul bisa kita raih,” ucap Jokowi.

Ketika disinggung cabang olah raga (cabor) yang diunggulkan, Jokowi dengan lantang menjawab sepak bola. “Sama Thailand saja menang. Ya optimis. Saya kira dengan pembukaan seperti itu saya kira seluruh atlet pelatih dan offisial semuanya optimis,” ujar Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi juga memastikan pemberian bonus kepada atlet yang menyumbang medali emas. “Ya nanti kita hitung (nominal bonus), yang jelas pemerintah akan berikan bonus-bonus khusus untuk yang peraih medali,” kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (menpora) Zainudin Amali menyatakan, target yang ditetapkan Presiden, tentu diupayakan terealisasi. Zainudin berharap agar seluruh atlet senantiasa fokus dengan pertandingan.

“Kita optimis dengan kemampuan yang ada. Atlet jangan berpikir apapun. Biar itu menjadi tanggungjawab dari NOC, dari CdM dari menpora, dan berbagai elemen memikirkan hal-hal lain. Jadi kalau ada keluhan dari berbagai hal itu jangan menjadi beban para atlet kita,” ungkap Zainudin.

Zainudin pun menyebut, “Saya tekankan kepada para atlet, pelatih dan seluruh offisial, main ataupun bertanding dengan semaksimal mungkin. Tanpa beban, fokus pada pertandingan, kerja keras, dan menjalankan semua instruksi dari pelatih. Mudah-mudahan target itu insyallah bisa tercapai.”

Sekadar diketahui, SEA Games akan digelar pada 30 November-11 Desember 2019. Menurut Zainudin, Indonesia akan mengikuti 52 dari total 56 cabor yang dipertandingkan. Jumlah atlet yang mengikuti SEA Games 2019 sebanyak 841 orang.

Sedangkan jumlah pelatih dan offisial ada 256 orang. Apabila ditambah dengan tim medis, tim keolahragaan dan berbagai unsur pendukung lainnya, maka total Kontingen Indonesia sebesar 1.303 orang.

Zainudin menambahkan, kompsisi kontingen terdiri dari 60 persen atlet junior, dan 40 persen senior. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda, merasakan atmosfir multi event internasional, sehingga dapat berpreatsi di masa yang akan datang



Sumber: Suara Pembaruan