Penyalaan Obor Manny Pacquiao Akhiri Pembukaan SEA Games

Penyalaan Obor Manny Pacquiao Akhiri Pembukaan SEA Games
Kontingen Indonesia melakukan defile dalam pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu 30 November 2019. ( Foto: Antara Foto / Nyoman Budhiana )
/ YUD Sabtu, 30 November 2019 | 21:33 WIB

Bulacan, Beritasatu.com - Penyalaan obor oleh petinju sekaligus senator Filipina Manny Pacquiao, yang ditampilkan melalui rekaman video, menjadi akhir dari rangkaian acara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/2019).

Meski hanya muncul sekitar 20 detik di layar, Pacquiao yang merupakan satu-satunya petinju di muka bumi pemegang delapan gelar juara dunia dari delapan divisi berbeda mendapatkan sambutan meriah dari publik Filipina.

Sembari video penyalaan obor SEA Games 2019 diputar, di atas panggung Philippine Arena tampil artis-artis ternama Filipina.

Dikutip dari media lokal, para penyanyi itu seperti Christian Bautista dan Apl.de.ap, salah satu anggota grup vokal asal Amerika Serikat peraih Grammy The Black Eyed Peas.

Secara keseluruhan, acara pembukaan SEA Games 2019 yang dimulai pukul 19.00 waktu setempat berlangsung lancar meski jumlah penonton tidak sampai memenuhi Philippine Arena.

Tidak maksimalnya masyarakat yang datang langsung ke arena terbesar di dunia berkapasitas 50.000 orang tersebut membuat panitia sempat mengarahkan pengunjung yang duduk di tribun bagian atas untuk turun demi memenuhi kursi-kursi di bagian bawah.

Parade kesenian adat masyarakat Filipina menjadi awal dari pembukaan SEA Games 2019 yang bertema "The Roots of Our Strength" atau dalam bahasa Tagalog, "Ugat ng Ating Lakas".

Kemudian, acara dilanjutkan dengan parade defile kontingen negara-negara peserta, di mana Indonesia mendapat giliran ketiga setelah Brunei Darussalam dan Kamboja.

Setelah itu ada sambutan-sambutan termasuk dari Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Sesi pamungkas dari rangkaian kegiatan tersebut adalah penampilan para penyanyi Filipina, baik yang berkarier di dalam maupun di luar negeri, lalu ditutup dengan penyalaan obor oleh Manny Pacquiao.

SEA Games 2019 sendiri resmi dibuka oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Lebih dari 5.000 atlet dari negara-negara Asia Tenggara berkompetisi di SEA Games 2019 yang nantinya ditutup pada 11 Desember 2019.

Kontingen Indonesia sampai Sabtu (30/11/2019) sudah meraih satu medali emas SEA Games 2019 melalui cabang olahraga polo air putra.



Sumber: ANTARA