KONI: Skuas Harus Bisa Angkat Nama Indonesia

KONI: Skuas Harus Bisa Angkat Nama Indonesia
Ketua KONI Marciano Norman berfoto bersama pengurus Persatuan Squash Indonesia (PSI). ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / JAS Senin, 20 Januari 2020 | 20:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, meminta cabang olahraga skuas bisa mengangkat sekaligus mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata internasional lewat berbagai kejuaraan.

Hal itu dikatakan saat pelantikan dan pengukuhan Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI) masa bakti yang 2019-2023 yang dipimpin Ketua Umum Sylviana Murni di Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Hadir juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) La Nyala Mattaliti beserta jajaran pengurus KONI Pusat dan beberapa induk organisasi cabang olahraga serta undangan lainnya.

Setelah membacakan janji prasetya dan menegaskan kesiapan seluruh jajaran pengurus PB PSI dalam mengemban tugas, Marciano dalam sambutannya mengemukakan, upacara pelantikan dan pengukuhan merupakan momen penting yang akan menentukan keberhasilan perjalanan olahraga skuas di masa yang akan datang. Dia menilai, para pengurus PB PSI memiliki potensi besar untuk mengurus olahraga skuas yang penuh tantangan.

“PB PSI dan KONI Pusat berada dalam satu garis untuk memajukan olahraga Indonesia, khususnya skuas. Untuk itulah mari terus bersinergi untuk meningkatkan prestasi sehingga skuas bisa menunjukkan kualitasnya karena sebelumnya skuas sudah memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Ke depan, saya yakin, skuas akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia di tingkat Asia Tenggara, Asia dan dunia,” ujar Marciano.

Diharapkan PB PSI memerhatikan rekrutmen atlet. Dalam hal ini PB PSI bisa menghilangkan kesan skuas sebagai olahraga mahal. Dengan demikian skuas bisa lebih memasyarakat dan bisa menjangkau anak-anak.

La Nyala Mattaliti berharap Sylviana Murni yang juga anggota DPD RI bisa berkonsentrasi dalam tugasnya memimpin skuas. Dia berharap skuas akan semakin berkembang dan berprestasi di bawah pimpinan Ketua Umum Sylviana.

Menpora Zainudin Amali menyatakan pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan cabang-cabang olahraga. Karena itu dia bersama Ketua Umum KONI Pusat selalu meluangkan waktu untuk mendukung aktivitas pengurus cabang olahraga.

“Saya dan Ketua Umum KONI Pusat hampir selalu bertemu dalam kegiatan olahraga. Inilah bentuk kebersamaan kita dalam dunia olahraga demi mengangkat prestasi olahraga Indonesia yang membanggakan di tingkat internasional,” kata Amali.

Kepada Sylviana, Menpora berharap, untuk lebih memopulerkan skuas. Dia yakin dengan pengalaman di olahraga dan birokrasi, Sylviana akan mampu mengangkat olahraga skuas. Yang dibutuhkan, Sylviana lebih konsentrasi.

“Saya berharap besar pada cabang olahraga ini. Apalagi ada tanda baik di olahraga kita dengan suksesnya bulutangkis merebut tiga gelar di turnamen Indonesia Masters, Minggu (19/1/2020). Menurut Ketua Umum PB PBSI, Bapak Wiranto ini prestasi baru. Sejarah baru. Semoga ini menjadi awal kebangkitan olahraga Indonesia,” tutup Amali.



Sumber: Suara Pembaruan