Pelari Kenya Juarai Pontianak City Run 2020

Pelari Kenya Juarai Pontianak City Run 2020
Ilustrasi Marathon (Foto: AFP)
/ YUD Minggu, 2 Februari 2020 | 14:16 WIB

Pontianak, Beritasatu.com - Pelari asal Kenya untuk berhasil memborong juara pertama, kedua dan ketiga kategori putra untuk jarak 21 Kilometer pada perhelatan Pontianak City Run Half Marathon 2020 di Pontianak, Minggu (2/2/2020) pagi.

Mereka adalah juara pertama Micael, kedua Nikolas dan ketiga David

"Selamat kepada para pemenang dari berbagai kategori baik 21K, 5K dan 1K. Kita melihat memang pelari lokal kita harus terus memaksimalkan lagi," ujar Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono Minggu.

Edi menjelaskan melalui kegiatan tersebut dapat dilihat potensi dan kualitas pelari lokal dari Kota Pontianak khususnya dan Kalbar pada umumnya.

"Kemudian melalui kegiatan ini bisa mendorong lahirnya atlet lari Pontianak bisa nasional dan internasional," kata dia.

Terkait Pontianak City Run Half Marathon 2020 menurutnya sudah menjadi agenda tahunan.

"Kita akan terus memaksimalkan kegiatan ini. Kita akan terus mengangkat olahraga menjadi agenda yang bisa juga mendatangkan orang luar," kata dia

Perhelatan tersebut yang dimulai pukul 05.00 WIB dihadiri dan dilepas langsung Gubernur Kalbar, Sutarmidji. Pada kesempatan itu ia mengatakan ke depan bisa disinergikan dengan pemerintah provinsi.

"Kemudian juga bisa dikemas lebih profesional dan nyaman agar pelari bisa menikmati Kota Pontianak sambil berlari. Lokasi kegiatan sudah pas dan menarik," kata dia.

Peserta lari di kegiatan tersebut diikuti dari luar Kalbar selain dari Kenya yakni Polandia, Jepang, Inggris, Prancis, Malaysia dan lainnya. Total peserta yang berpartisipasi sekitar 500 orang.

Pontianak City Run Half Marathon 2020 juga dirangkai dengan Festival Buah - Buah Lokal di Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak. Di festival tersebut buah eksotik lokal dipamerkan seperti yang dipajang Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar. Buah tersebut di antaranya Buah Ulin, Gandaria, Kubal, Tampui atau Tampoi, Redan, Empelanjau, Kemayau, Ucong Pisang Kapas, Asam Pauh, Asam Paya Terong Asam, Mentawak dan Asam payang, langsat, cempedak, durian, pisang kepok dan lainnya.



Sumber: ANTARA