Sisa Aspal Formula E di Cobblestone, Jakpro Siap Bersihkan

Sisa Aspal Formula E di Cobblestone, Jakpro Siap Bersihkan
Ketua Tim Asistensi Komrah Bambang Heru (baju putih) saat mengambil sampel aspal uji coba di cobblestone Monas, Jakarta, Rabu (26/2/2020). ( Foto: BeritaSatu Photo / Yustinus Paat )
Yustinus Paat / YUD Rabu, 26 Februari 2020 | 19:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Aspal lintasan Formula E tak mengelupas secara sempurna menjadi temuan dari Komisi Pengarah Medan Merdeka, Rabu (26/2/2020). Menanggapi temuan tersebut, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Darwoto menegaskan pihaknya akan membersihkan seluruh sisa-sisa aspal dan goresan yang masih nampak di lapisan cobblestone.

"Ya nanti kita perbaiki lagi lah. Kita coba pembersihannya. Kan gitu," kata Dwi.

Baca juga: Aspal di Cobblestone Tak Lepas Tuntas, Formula E Bisa Gagal di Monas

Menurut Dwi, aspal yang tersisa berasal dari material sandsheet yang menjadi salah satu material yang diujicobakan dalam pengaspalan yang dilakukan sejak Sabtu (22/2/2020). "Jadi itu adalah uji coba untuk membandingkan dua metode. Yang satu pakai geotextile. Yang kedua pakai sandsheet. Itu yang masih ada aspalnya itu yang pakai sandsheet," kata Dwi.

Sebelumnya, Organizing Committee (OC) Formula E mengklaim pihaknya telah berhasil melakukan uji coba pengelupasan aspal yang disaksikan oleh ahli dari Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia - Institut Teknologi Bandung (LAPI ITB).

Baca juga: Aspal Lintasan Formula E di Cobblestone Monas Bakal Diteliti di Laboratorium

Namun pada hari ini, Tim Asistensi Komisi Pengarah Medan Merdeka bidang Lingkungan Hidup menemukan masih banyak aspal yang bersisa di sela- sela cobblestone Monas.

"Kita bisa saksikan itu masih membekas aspalnya itu. Kalau kemaren disampaikan semua mulus segala macam, ternyata tidak. Ini tidak semulus seperti yang dinyatakan, dan ini masih membekas," kata Ketua tim asistensi Komrah KLHK Bambang Hero Saharjo di silang tenggara Monas, Rabu (26/2/2020).



Sumber: BeritaSatu.com