Resmi, Olimpiade Tokyo Ditunda ke Tahun Depan

Resmi, Olimpiade Tokyo Ditunda ke Tahun Depan
Seorang fotograper bermasker dengan rompi Olimpiade Tokyo 2020 hadir dalam jumpa pers yang diisi oleh Presiden Penyelenggara Tokyo 2020 Yoshiro Mori (kiri) dan CEO Olimpaide Tokyo 2020 Toshiro Muto di Tokyo, 24 Maret 2020. (Foto: AFP)
Heru Andriyanto / HA Selasa, 24 Maret 2020 | 21:45 WIB

Beritasatu.com – Panitia penyelenggara Olimpaide Tokyo 2020 telah menyetujui penundaan satu tahun, yang rupanya menjadi satu-satunya opsi paling masuk akal di tengah pandemik virus corona sekarang yang belum bisa dipastikan kapan berakhir.

Kepada wartawan, Selasa (24/3/2020), Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan Komite Olimpiade Internasional (IOC) juga sudah memutuskan penundaan tersebut.

"Saya mengusulkan penundaan sekitar satu tahun dan Presiden IOC Thomas Bach merespons dengan persetujuan 100 persen," kata Abe.

Jadwal sebenarnya Olimpiade Tokyo adalah 24 Juli hingga 9 Agustus tahun ini. Tanggal pasti penyelenggaraan event yang tertunda ini belum diumumkan.

"Ini pertama kalinya olimpiade ditunda. Memang pernah dibatalkan ketika perang dunia, tetapi belum pernah ditunda,” kata wartawan olahraga BBC Alex Capstick.

"Mereka mengatakan akan menunda hingga musim panas 2021. Ini akan menjadi tantangan logistik dan masalah lain yang luar biasa, karena tidak mudah untuk menunda sebuah pesta olahraga,” ujarnya.

Pekan lalu, obor olimpiade sudah dinyalakan di kaldron Tokyo dalam sebuah seremoni yang sepi pengunjung akibat wabah virus corona, dan hanya melibatkan segelintir atlet legendaris Jepang.

Survei yang dilakukan surat kabar setempat menunjukkan 70 persen warga Jepang setuju dilakukan penundaan ke tahun depan.

Kanada dan Australia juga sudah memastikan tidak akan mengirim kontingen jika olimpiade tetap digelar tahun ini.



Sumber: BBC