Olimpiade 2020 Diundur, KOI Pastikan Pelatnas Tetap Berjalan

Olimpiade 2020 Diundur, KOI Pastikan Pelatnas Tetap Berjalan
Raja Sapta Oktohari. ( Foto: Antara )
Hendro D Situmorang / CAH Rabu, 25 Maret 2020 | 17:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari mendukung keputusan IOC dan tuan rumah Jepang yang menunda perhelatan Olimpiade 2020. Oktohari juga akan memastikan pelatnas terus berjalan.

Menurutnya penundaan Olimpiade 2020 hingga tahun depan harus tetap dipandang secara positif. Dengan mundurnya waktu penyelenggaraan, seluruh cabang olahraga jadi punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan para atlet.

"Kami juga melihat bahwa pelatnas yang sudah dilaksanakan akan terus dilaksanakan. Dengan penundaan ini akan berikan peluang latihan lebih banyak lagi. Insya Allah semakin meyakinkan kita untuk dapat hasil lebih maksimal dari Olimpiade 2016 Rio," jelas Raja Sapta Oktohari, Rabu (25/3/2020).

Baca JugaPenundaan Olimpiade, Jepang Sebut Trump Dukung 100 Persen

Dengan terus berjalannya pelatnas, Okto menyadari alokasi anggaran untuk masing-masing cabang olahraga akan bertambah. Terkait ini, KOI akan segera berkoordinasi dengan Kempora, Kemkes, dan Kemkeu.

Selain itu, Okto juga berencana mengirim surat ke Presiden IOC, Thomas Bach terkait penundaan Olimpiade Tokyo 2020 dan menanyakan teknis selanjutnya. Ia membutuhkan jawaban lebih jelas apakah proses kualifikasi dihentikan dan tetap menggunakan hasil yang sekarang atau ada perubahan lain.

Baca JugaOlimpiade 2020 Ditunda, Anggaran Pelatnas Ditinjau Ulang

“Untuk itu kami bakal mendukung apapun keputusan IOC. Indonesia tetap berupaya mendapatkan kepercayaan untuk bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” ujar dia.

Kabar penundaan Olimpiade disampaikan langsung Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe setelah melakukan konferensi video dengan Thomas Bach. Selain Olimpiade, Tokyo Paralympic juga akan ditunda hingga 2021. Abe menambahkan, keputusan itu diharapkan bisa membuat para atlet yang berlaga bisa tampil dalam kondisi terbaik, dan juga memberikan keamanan dan keselamatan para penonton. 

 



Sumber: BeritaSatu.com