Logo BeritaSatu

Medieval, Heroisme di Tengah Krisis Kepemimpinan Eropa

Kamis, 17 November 2022 | 11:37 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Judul Film : Medieval
Genre : Aksi, Drama
Sutradara : Petr Jákl
Penulis : Petr Jákl, Petr Jakl Sr., Petr Bok
Pemain : Ben Foster, Sophie Lowe, Michael Caine, Til Schweiger, Rolland Møller, Matthew Goode,
Durasi : 126 menit

Jakarta, Beritasatu.com- Raja mungkin dipilih oleh Tuhan, tapi mereka masih bisa membuat kesalahan seperti manusia biasa. Ujaran skeptis itu dilontarkan Jan Zizka, panglima perang dari Ceko pada abad ke-15. Saat Eropa dilanda perang dan wabah kelaparan, prajurit bayaran justru tampil sebagai pahlawan.

Advertisement

Jan Zizka (yang diperankan Ben Foster) dikenal sebagai pemimpin perang yang mengalahkan tentara Ordo Teutonik dan Kekaisaran Romawi. Zizka cukup bernyali menentang pemerintahan tiran Raja Sigismund (Matthew Goode) yang membuat rakyatnya tertindas, sengsara, dan kelaparan.

Plot linear Medieval bertolak dari perebutan kekuasaan setelah kematian Kaisar Romawi Suci Charles IV. Raja Wenceslaus IV (Karel Roden) memiliki klaim takhta. Tetapi dia perlu mengumpulkan dana untuk perjalanan ke Vatikan agar bisa dinobatkan Paus. Henry III dari Rosenberg (Til Schweiger) telah berjanji untuk mengirimkan dana perjalanan itu.

Untuk membuat Rosenberg menghormati janji, Lord Boresh (Michael Caine) dan Wenceslas menyewa Zizka dan pasukannya untuk menculik dan menebus tunangannya, Lady Katherine (Sophie Lowe). Penculikan ini lantas berbuntut konflik berdarah antara Zizka dan pasukan kerajaan.

Sigismund memberi tahu Rosenberg bahwa dia akan menculik kembali Katherine dan mengembalikannya sebagai imbalan atas dukungan di Roma. Dalam kehidupan nyata, Sigismund akhirnya memang menjadi Kaisar.

Medieval, Heroisme di Tengah Krisis Kepemimpinan Eropa
Film Medieval mengangkat kisah panglima perang dari Ceko pada abad ke-15, Jan Zizka. Film yang disutradarai Petr Jakl dibintangi Ben Foster, Sophie Lowe, Michael Caine, dan Til Schweiger.

Di negara asal Republik Ceko, Medieval diberi judul lokal Jan Zizka dan diputar di bioskop Praha dalam versi sulih suara bahasa Inggris dan Ceko. Sutradara Petr Jakl yang juga penulis skenario menjadikan Medieval film heroik berbumbu nyaris lengkap.

Bukan hanya intrik politik, film ini mengisahkan pula cinta terlarang antara Katherine yang memiliki dengan Ziska, pria yang haus kasih sayang. Ada pula kisah kesetiaan para prajurit Ziska versus pengkhianatan lewat tokoh Conrad (Vinzenz Kiefer) yang “menjual” Ziska pada Torak.

Sebagai pahlawan Ceko terkenal, tidak banyak latar belakang kehidupan yang diungkap dari sosok heroik, Jan Zizka. Seketika saja, sutradara menampilkan sosok Zizka dalam adegan pertarungan sengit di pertempuran, sebagai pemimpin pasukan bayaran. Sepintas dikisahkan, pilihan hidup keras Ziska berawal dari dendam kesumat pada prajurit kerajaan yang membunuh orang terdekatnya.

Dari sejumlah tokoh pendukung, Lord Boresh yang diperankan Michael Caine menjadi karakter yang menonjol. Caine memperkuat sosok Lord Boresh sebagai pelobi ulung, disegani, dan sekaligus ahli strategi yang ulung.

Di luar tokoh Zizka dan Boresh, sebagian besar karakter bersifat umum. Katherine sebagai karakter wanita utama tunggal, tidak mengisi adegan dengan akting ciamik atau dialog berbobot. Katherine hadir sebagai pemicu konflik berdarah dan berkutat sebagai gadis dalam kesusahan, ceroboh, dan bernasib sial.

Medieval, Heroisme di Tengah Krisis Kepemimpinan Eropa
Film Medieval mengangkat kisah panglima perang dari Ceko pada abad ke-15, Jan Zizka. Film yang disutradarai Petr Jakl dibintangi Ben Foster, Sophie Lowe, Michael Caine, dan Til Schweiger.

Dengan film berlatar historis ini, sutradara Petr Jakl belum cukup sempurna memotret lengkap dominasi gereja pada kerajaan pada Abad Pertengahan. Namun Gereja Katolik kerap muncul dalam cacian sejumlah tokoh dan hanya “dibela” Katherine sebagai penganut yang taat tapi lugu. Jika dicerna penonton tertentu, Medieval seolah hanya mendorong narasi anti-Kristen.

Fokus Medieval memang pada sosok Jan Zizka, seorang jenderal Ceko legendaris yang terkenal membela Praha dari sekitar sepuluh ribu tentara salib. Zizka menyerang mereka hanya dengan kekuatan 80 tentara di atas Bukit Vítkov selama Perang Hussite. Meskipun hanya memiliki satu mata dalam sepanjang karier militernya, sampai akhirnya menjadi buta total, Zizka diklaim tidak pernah kalah dalam banyak pertempuran.

Sebagai film aksi kolosal, Medieval juga didukung teknologi Computer Graphic Images (CGI). Dalam sejumlah adegan pertempuran besar, penonton mungkin tidak melihat efek dramatis seperti produksi Hollywood. Namun penonton mungkin cukup terhibur dengan visualisasi dari drone untuk merekam perjalanan Zizka ketika menuju Bohemia dari Praha yang melintasi bebatuan cadas pegunungan.

Lokasi pengunungan dan hutan belantara juga ditangkap oleh sinematografer Jesper Tøffner dengan cantik sepanjang film. Beberapa lokasi tampak sengaja membidik hotspot turis seperti Kastil KÅ™ivoklát, Kastil Zvíkov, dan Gereja St. Bartholomew di Kolín.

Di sejumlah adegan pertarungan nan brutal, sutradara Jakl tidak sungkan mengumbar pertumpahan darah, pukulan senjata yang meremukkan tulang, hingga anggota tubuh yang terputus dan berserakan sesuai penggambaran era Abad Pertengahan yang liar. Cerita dan penulisan skenario mungkin bukan prioritas. Namun Medieval jelas film aksi yang notabene mengandalkan daya tarik kolosal, adegan laga, dan sepotong kisah heroisme.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sagitarius hingga Leo, Empat Zodiak Ini Dinilai Sangat Menginspirasi

Sagitarius memiliki sifat penuh semangat, optimis dan menginspirasi bagi orang lain.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Gaet Wisatawan, Ancol Siapkan Tiket Gratis Sebulan Sekali

Guna menggaet wisatawan lebih banyak lagi, di 2023 ini, Taman Impian Jaya Ancol akan memberikan tiket gratis setiap bulannya.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Ribuan Wisatawan Padati Ancol Saat Akhir Pekan

Sambut libur akhir pekan tercatat sebanyak 6.900 pengunjung memadati Taman Impian Jaya Ancol.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Diangkat dari Kisah Nyata, Ini Fakta Menarik Serial The Glory

Serial The Glory yang dibintangi oleh Song Hye Kyo sukses mendulang kepopularitas dan menduduki peringkat pertama di Netflix.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Siap Kumpul Lagi, Baekhyun EXO Resmi Selesai Wamil Hari Ini

Baekhyun EXO diketahui telah menyelesaikan wajib militer (wamil) nya hari ini. Dapat dipastikan EXO kembali berkumpul lagi. 

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Kembali Trending, Tamiya Jadi Momen Nostalgia Generasi 90-an

Mobil Tamiya belakangan kembali menjadi trending di kalangan generasi 90-an. Hal ini menjadi pengobat rindu generasi milenial. 

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Menikmati Kesejukan Alam dari Wisata Dusun Camp di Pagaralam

Wisata Alam Dusun Camp yang baru dibuka beberapa bulan lalu ini sudah dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Turun Harga! Mobil Listrik Mustang Mach-E Kini Rp 503 Juta

Ford memangkas harga mobil listrik Mustang Mach-E hingga 8%. Mustang Mach-E kini dibanderol sekitar Rp503 juta.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Deretan Film dan Drama Terbaik yang Dibintangi Song Joong Ki

Aktor tampan asal Korea Selatan, Song Joong Ki telah berkiprah di industri hiburan sejak 2008 melalui film A Frozen Flower.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Sandiaga Uno Dorong ASEAN Plus Three Perkuat Kerja Sama Pariwisata

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 resmi digelar di Yogyakarta sejak Jumat (3/2/2023) kemarin. 

LIFESTYLE | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Beras Pandan Wangi Tembus Rp 1 Juta di Jakarta

Harga Beras Pandan Wangi Tembus Rp 1 Juta di Jakarta

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE