Logo BeritaSatu

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Chiang Rai Thailand

Minggu, 20 November 2022 | 16:12 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / FER

Chiang Rai, Beritasatu.com - Salah satu negara yang wajib dikunjungi saat ingin berlibur yaitu Thailand. Tidak hanya kota Bangkok saja, Thailand juga memiliki banyak kota wisata lain dan salah satunya Chiang Rai.

Provinsi Chiang Rai terletak di paling utara di Thailand. Chiang Rai dipenuhi dengan suasana pegunungan serta berbatasan langsung dengan Laos dan Myanmar.

Advertisement

Pada kesempatan kali ini, Beritasatu.com berkesempatan untuk mengunjungi Chiang Rai. Perjalanan kali ini dilakukan bersama Tourism Authority of Thailand (TAT) dengan AyoWisata.

Mulanya, rombongan menempuh perjalanan ke Chiang Rai dari Chiang Mai dengan menggunakan bus selama 3 jam. Akses jalan menuju Chiang Rai sangat mudah sebab jalan yang dilewati pun bagus beraspal namun ada sedikit jalan yang berliku.

Sesampainya di Chiang Rai, rombongan berkesempatan menyantap hidangan makan malam di Khantoke and Restaurant yang merupakan restoran khas Chiang Rai.

Adapun makanan yang dihidangkan seperti kari ayam, ayam goreng, ketan, dan sayuran. Saat kita makan, berbagai tarian tradisional Thailand, turut ditampilkan di atas panggung.

Kemudian, keesokan harinya kami mengunjungi berbagai tempat wisata yang indah dan memberikan kesan yang baik. Berikut 5 destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Chiang Rai.

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Chiang Rai Thailand
Doi Tung Royal Villa Entrance. Royal Villa tersebut merupakan rumah Putri Srinagarinda, ibu dari Raja Bhumibol.

1. Doi Tung Royal Villa Entrance
Doi Tung Royal Villa merupakan rumah Putri Srinagarinda, ibu dari Raja Bhumibol. Ia membangun Istana Doi Tung sebagai tempat menjalankan tugasnya saat mengerjakan proyek pembangunan Doi Tung.

Letaknya berada di area distrik Mae Fah Luang di Chiang Rai. Selain itu tempat tersebut juga berada di pegunungan tinggi dan perjalanan ke Doi Tung Royal dari pusat kota Chiang Rai sekitar satu jam dengan menggunakan van atau apabila di Indonesia sering dikenal dengan mobil elf.

Setelah menempuh perjalanan, setibanya di sana pengunjung jalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai di Royal Villa. Sebelum masuk, pengunjung diberikan audio untuk menjelaskan setiap sudut di dalam rumah tersebut dan juga melepaskan alas kaki.

Di dalamnya, pengunjung dapat melihat ruang tamu, dapur, ruangan-ruangan seperti rumah pada umumnya. Selain itu, vila tersebut juga masih tertata rapih beserta barang-barang yang digunakan oleh Putri Srinagarinda.

Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika mengunjungi tempat tersebut pengunjung harus menggunakan pakaian yang sopan. Apabila menggunakan celana pendek maka akan diberikan kain untuk menutupnya. Selain itu, selama di dalam Royal Villa, pengunjung tidak diperbolehkan mengambil video.

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Chiang Rai Thailand
Patung Wat Huay Pla Kang atau Buddha Besar Chiang Rai. Kuil yang terletak di Ban Huay Pla Kung yaitu di daerah pedesaan di Utara kota Chiang Rai, Thailand.

2. Wat Huay Pla Kang
Wat Huay Pla Kang atau Buddha Besar Chiang Rai. Kuil yang terletak di Ban Huay Pla Kung yaitu di daerah pedesaan di Utara kota Chiang Rai. Wat Huay Pla Kang dikenal dengan patung Guanyin putih yang sangat besar. Patung yang duduk di atas gundukan setinggi 90 meter tersebut menjadi sorotan ketika pengunjung tiba di tempat.

Dibangun dengan perpaduan gaya Thai Lanna dan China, Wat Huay Pla Kang terdapat pagoda sembilan tingkat dan juga kuil Thailand. Selain itu, ada sebuah tangga yang dilapisi dengan naga Tiongkok.

Selain itu, tempat tersebut juga dikelilingi perbukitan hijau dan apabila wisatawan ingin berkunjung waktu yang tepat di pagi atau sore hari.

Akses untuk menuju masuk ke patung Guanyin menggunakan bus antar jemput gratis dari tempat parkir atau apabila pengunjung ingin menaiki anak tangga juga diperbolehkan.

Setelah tiba di area patung Guanyin, pengunjung naik lift untuk ke lantai 25. Saat hendak naik lift, kami disambut baik seperti salam penghormatan oleh petugas yang sangat sopan dan ramah. Setibanya di dalam patung Guanyin, wisatawan dapat melihat megahnya bangunan tersebut yang serba putih dan hal tersebut sangat sayang untuk dilewatkan apabila tidak diabadikan.

3. Singha Park
Singha Park atau Taman Singa terletak di kota Chiang Rai, Thailand. Memiliki luas sekitar 4.000 hektar, taman tersebut memiliki banyak tumbuhan, bukit, dan juga dapat merasakan aktivitas pertanian.

Dinamakan Singga Park karena terdapat patung singa setinggi 10 meter tepat di depan pintu masuk area tersebut. Setelah tiba, pengunjung harus membeli tiket seharga 50 baht atau Rp 21.000 dan tiket tersebut sudah termasuk mobil untuk mengelilingi Singha Park selama setengah jam.

Di perjalanan, pengunjung dapat melihat pohon karet, pohon jagung, serta tanaman lainnya. Kemudian, mobil tersebut juga berhenti di beberapa tempat seperti untuk minum teh. Akan tetapi, tidak sekadar minum teh saja, pengunjung dapat meracik teh dan memilih berbagai varian rasa. Kita dapat menikmati teh dengan menikmati pemandangan di sekitarnya.

Apabila berkunjung ke Singha Park, sangat cocok di pagi atau sore hari agar dapat menikmati sejuknya suasana di Singha Park.

4. Wat Rong Khun (White Temple)
Wat Rong Khun atau yang sering disebut dengan kuil putih salah satu destinasi yang wajib dikunjungi apabila ke Chiang Rai. Dirancang pada tahun 1997 oleh pelukis terkenal di Thailand yaitu Chalermchai Kositpipat. Ia membangun kuil tersebut dari penghasilannya menjadi seorang pelukis dan bangunan yang serba putih tersebut menggambarkan kesucian Buddha.

Kuil Putih memiliki bangunan yang sangat megah dan pengunjung akan takjub melihat kemegahannya tersebut. Namun, apabila diperhatikan, banyak ditemukan patung tengkorak, kepala terpenggal, dan setan. Hal tersebut bukan tanpa sebab tetapi memang kuil itu dibangun dengan tema kehancuran dan kekacauan.

Saat pengunjung hendak masuk ke dalam kuil untuk beribadah, di perjalanan tepat di sebelah kanan dan kiri terdapat simbol surga dan neraka. Mengapa demikian, sebab banyak patung tangan manusia seperti memohon pertolongan.

Fakta unik lainnya yaitu, toilet di Wat Rong Khun dirancang tidak berwarna putih akan tetapi berwarna emas. Usut punya usut hal tersebut disimbolkan bahwa tidak ada hal di dunia ini yang abadi dan dapat di bawa setelah kematian.

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Chiang Rai Thailand
Wat Dong Suen atau Kuil Biru di Chiang Rai, Thailand

5. Wat Dong Suen Ten (Blue Temple)
Wat Dong Suen Ten atau yang sering dikenal dengan Kuil Biru warna safirnya yang cemerlang. Tidak hanya itu, dinding candi, atap, dan patung-patung di sekelilingnya diselimuti dengan rona cantik. Tidak hanya berwarna biru, warna candi juga terbuat dari emas dan secara simbolis dikaitkan dengan kemurnian, kebijaksanaan.

Kemudian, kuil ini juga merupakan perpaduan menarik antara nilai-nilai Buddha tradisional dan arsitektur klasik Thailand yang dirancang oleh Putha Kabkaew, murid seniman yang membangun Kuil Putih yang eksentrik.

Apabila wisatawan ingin berkunjung ke kuil biru setelah dari kuil putih, hanya butuh waktu sekitar setengah jam atau menempuh perjalanan 18 km. Diketahui, untuk masuk ke area kuil biru tidak dipungut biaya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bubar dan Terlahir Kembali, Ini Perjalanan Karier Westlife

Siapa yang tidak mengenal Westlife. Boyband asal Irlandia ini sempat berjaya di awal kemunculannya di tahun 1999 silam.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Ingin Rasakan Sensasi Membeku di Tengah Salju, Yuk Kunjungi Festival Es Ini

Festival es tahunan dan menjadi yang terbesar di dunia kembali hadir sejak Januari, 2023 lalu.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Shin Min Ah Sumbang Rp 600 Juta untuk Gempa Turki-Suriah

Shin Min Ah diketahui telah menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk membantu korban gempa Turki-Suriah.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Dear David Tayang Hari Ini! Cerita Antimainstream Remaja SMA

Film Dear David besutan Netflix Indonesia sudah bisa disaksikan per hari ini, Kamis (09/02/2023).

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Dear David Bikin Emir Mahira Kembali ke Dunia Entertainment

Dear David menjadi film yang membuat Emir Mahira comeback ke dunia hiburan tanah air setelah mengalami banyak penolakan. 

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Gaspack Hadirkan Karya Abenk Alter Lewat Medium NFT

Gaspack menghadirkan karya Abenk Alter lewat medium NFT pada event Art Jakarta Gardens, Hutan Kota Plataran, 7-12 Februari 2023.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Pengamat: Kasus Diabetes Anak Meningkat karena Pola Hidup yang Buruk

Kasus diabetes anak meningkat karena pola hidup yang buruk dan para orang tua juga harus mewaspadai kasus diabetes pada anak.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Terkait Isu Childfree Gitasav, Nora Alexandra Justru Ingin Punya Bayi

Gitasav mengatakan bahwa tidak memiliki anak adalah anti aging alami. Namun Nora Alexandra justru ingin memiliki bayi. 

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Lima Alternatif Dessert Bagi Penderita Diabetes, Yuk Simak!

Dessert menjadi salah satu camilan yang paling ditunggu ketika selesai menyantap menu utama.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Shenina Cinnamon: Peran Laras di Dear David itu Relate dengan Diriku

Shenina Cinnamon merupakan pemeran utama dalam film Dear David yang sudah bisa disaksikan hari ini di Netflix. 

LIFESTYLE | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mudahkan Capres Berikutnya, RPJPN 2025-2045 Rampung September

Mudahkan Capres Berikutnya, RPJPN 2025-2045 Rampung September

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE